Header Ads

Rekomendasi Kegiatan Bermanfaat untuk Mengisi Waktu Luang

Istirahat merupakan hal umum yang dilakukan untuk mengisi kembali energi tubuh setelah melakukan aktivitas yang berlebihan. Biasanya, banyak yang memilih beristirahat sembari berbaring. Akan tetapi, terlalu banyak berbaring juga dapat memicu masalah, seperti sakit punggung, lelah, dan kurang bersemangat. Maka dari itu, penting untuk memiliki opsi lain yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang. Berikut ada beberapa saran untuk kegiatan yang bisa dicoba.

1. Membaca Buku

Ilustrasi menghabiskan waktu luang dengan membaca (Sumber: Unsplash)

Siapa yang belum membiasakan membaca buku? Di zaman sekarang, ada banyak kemudahan yang dapat dinikmati agar kita dapat menyempatkan waktu untuk menekuni hobi yang satu ini. Jika khawatir tentang biaya untuk membeli buku baru, sekarang ada banyak situs legal yang menyediakan bacaan gratis. Bagi pemula yang baru ingin mencoba membaca buku, disarankan untuk memilih buku dengan genre yang mudah dipahami, seperti komedi, pengembangan diri, dan romansa. Selain itu, penting untuk membentuk kebiasaan menentukan target jumlah halaman buku yang ingin dicapai setiap harinya.

2. Travelling

Hiking sebagai pelepas stres (Sumber: Pexels)

Mencoba menjelajahi tempat baru adalah rekomendasi yang bisa dipertimbangkan. Ada begitu banyak tempat yang bisa dieksplorasi dan memberikan penyegaran. Melihat pemandangan dan merasakan suasana baru dapat meningkatkan mood serta menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Traveling tidak selalu harus menghabiskan banyak uang, ada alternatif lain yang bisa kamu coba, seperti berkeliling dengan kendaraan pribadi.

3. Olahraga

Olahraga berenang (Sumber: Pexels)

Berolahraga adalah aktivitas yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Ada banyak pilihan kegiatan olahraga yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang, seperti jogging, berenang, pergi ke gym, atau melakukan latihan di rumah. Olahraga juga memiliki manfaat dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur, terutama bagi mereka yang sulit tidur atau sering terjaga tengah malam karena pikiran berlebih. Memadukan aktivitas dengan olahraga dapat menjadi alternatif yang baik untuk mengisi waktu luang.

4. Berkebun

Dua pasangan sedang berkebun (Sumber: Pexels)

Berkebun adalah salah satu kegiatan yang dapat dipilih saat memiliki waktu luang. Selain menjadi pengisi waktu luang, berkebun juga memiliki manfaat lain, yaitu menghasilkan buah atau tanaman yang berkualitas tinggi dan bebas dari penggunaan pestisida yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, berkebun juga melatih sifat ketekunan, kesabaran, dan dedikasi yang kuat untuk mencapai hasil yang baik. Bagi yang masih awam dalam dunia berkebun, terdapat berbagai platform pembelajaran yang dapat diakses, salah satunya adalah YouTube. Ada beberapa jenis tanaman yang mudah ditanam di tanah, seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan sebagainya.

5. Belajar

Ilustrasi remaja sedang belajar bersama (Sumber: Pexels)

Tidak ada salahnya sembari beristirahat kita melakukan kegiatan belajar. Secara umum dapat belajar apa saja yang membuat kita bisa nyaman dan memiliki manfaat untuk diri sendiri. Contoh saja ketika ada libur semester yang membuat kita berisirahat kurang lebih 2 bulan. Bisa kita gunakan waktu tersebut untuk belajar dengan mempersiapkan materi, bacaan, dan alat alat yang diperlukan untuk kegiatan belajar semester depan. 

6. Self-care

Perawatan diri sendiri (Sumber: Pexels)

Nah, yang paling penting untuk kita adalah dengan merawat diri sebagai salah satu cara berterimakasih dan menghargai diri sendiri. Banyak kegiatan self-care yang bisa dipilih untuk bisa membuat kita memahami diri sendiri dan mencintai diri sendiri. Contohnya adalah dengan melakukan rutin melakukan perawatan wajah, menekuni hobi, dan mencari hal baru yang disukai. Mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat akan terasa menyenangkan bila dilakukan sepenuh hati. (Wulan Istifara)


Editor: Razaqa Hariz

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.