Header Ads

Maksimalkan Persiapan Studi di Luar Negeri bersama Global Scholarship Preparation Workshop

 

Global Scholarship Preparation Workshop (GSPW) 2023 mengusung tema Your Ticket to Study Abroad. (Sumber: Mutiara Fauziah Nur Awaliah). 

Yogyakarta, SIKAP Office of International Affairs (OIA) UPN "Veteran" Yogyakarta berkolaborasi dengan Pramulatih dalam menyelenggarakan Global Scholarship Preparation Workshop (GSPW) 2023. Acara yang mengusung tema Your Ticket to Study Abroad ini berlangsung dari tanggal 28-30 April 2023. GSPW 2023 memfasilitasi para peserta dengan simulasi tes IELTS, sesi bedah motivation letter, serta persiapan wawancara.

Dalam sambutannya, Kepala UPT Bahasa dan Layanan Internasional Rukmowati Brotodjojo menegaskan bahwa motivation letter dan portofolio kerap kali menjadi kunci untuk diterima studi di luar negeri. Maka dari itu, GSPW 2023 menghadirkan para pembicara inspiratif dan berpengalaman dalam persiapan beasiswa di luar negeri.

Pada hari pertama, workshop berskala internasional ini mengundang Fathia Fairuzza. Mahasiswi yang tengah menempuh pendidikan magister di Columbia University ini membagikan tips dan trik dalam menulis motivation letter. Ia juga secara khusus membedah motivation letter para peserta workshop serta memberikan beberapa masukan.

"Dalam beberapa persyaratan, namanya bisa berbeda. Ada yang menyebutnya motivation letter, ada juga yang mengenalnya sebagai statement of purpose. Yang penting kita tetap harus bisa memanfaatkannya untuk mengenalkan siapa kita, apa saja kelebihan kita, dan kontribusi kita kedepannya," jelas wanita asal Sidoarjo ini.

Pada hari berikutnya, hadir pula I Made Andi Arsana yang memaparkan materi seputar persiapan wawancara. Ketua Program Studi Magister Teknik Geomatika Universitas Gadjah Mada ini merupakan penerima beasiswa Australia Award di University of New South Wales. Dalam sesi kedua ini, para peserta dibekali dengan tips dalam mempersiapkan wawancara dengan maksimal. Tak hanya itu, peserta terpilih juga berkesempatan melakukan praktik wawancara saat workshop berlangsung.

Peserta GSPW 2023 Trusty Pramudia Ika Saptarini merasa bahwa rangkaian workshop sangat bermanfaat. "Banyak ilmu yang aku dapatkan dari GSPW 2023. Workshop ini membantu para pesertanya dalam memperoleh informasi yang lebih lengkap dan terbaru tentang berbagai jenis beasiswa. Kami juga belajar cara membuat aplikasi yang menarik para pemberi beasiswa, mulai dari menulis motivation letter hingga melakukan simulasi wawancara beasiswa," jelas siswi SMA Saint Johns Bekasi ini.

Perempuan yang berminat mengejar beasiswa di bidang kesehatan ini merasa bahwa GSPW 2023 tidak hanya informatif, melainkan juga inspiratif. "Acara seperti ini memberi kesempatan bagi peserta untuk bertemu dan berinteraksi dengan para ahli dan praktisi beasiswa. Mereka juga berbagi pandangan dan nasihat yang berharga dalam proses pengajuan beasiswa," tuturnya.

Ketua Divisi Humas GSPW 2023 Farha Talida Aprila berpendapat bahwa kunci sukses meraih beasiswa adalah konsisten dan ketekunan. Hal tersebut akan membantu para pemburu beasiswa dalam meraih beasiswa impian mereka. "Kita tidak bisa mengharapkan beasiswa tanpa adanya persiapan. Maka dari itu, perlu konsistensi dalam belajar materi beasiswa. Mulai dari latihan menjawab pertanyaan wawancara dan meninjau kembali dokumen yang diperlukan, seperti motivation letter dan dokumen lainnya," ungkap Farha. "Hal ini juga yang menjadikan GSPW berbeda dari program persiapan beasiswa lain. Ada keseimbagan antara teori dan praktik di dalam program kami," tuturnya.

Terakhir, Farha juga berharap agar GSPW 2023 dapat memberikan ilmu yang lebih melimpah kepada audiens yang lebih luas. "Semoga setelah menghadiri GSPW 2023, para peserta dapat mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat dan mampu menerapkannya ke dalam persiapan beasiswa," harapnya. (Mutiara Fauziah Nur Awaliah).

 

Editor: Ikhsan Fatkhurrohman Dahlan


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.