Header Ads

Genap 22 Tahun, FOTKOM Gelar PHILIA Photography Exhibition

 

Suasana PHILIA Photography Exhibition di hari kedua. (Sumber: Diah Rahayu Agustin)

Yogyakarta, SIKAP - Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) FOTKOM 401 Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta menggelar pameran fotografi bertajuk PHILIA Photography Exhibition yang berlokasi di Leman Art House. Pameran ini dilaksanakan mulai tanggal 17 sampai 19 Februari 2023 dan terbuka untuk umum. Di hari kedua, tercatat 152 orang sudah mengunjungi pameran ini.

FOTKOM 401 sendiri merupakan KSM yang tergabung dalam forum Fotografi Mahasiswa Yogyakarta. Selain sebagai wadah untuk berkumpul,  FOTKOM 401 menjadi media dalam berbagi ilmu  terkait dunia fotografi  seperti perkembangan dan tantangan karena kemajuan teknologi yang menghadirkan foto-foto dalam bentuk digital.

Clara salah satu pengunjung pameran ini menyebut sangat antusias ketika melihat foto-foto yang dipamerkan. Unsur budaya, kekayaan alam, feminis dan ketuhanan dipersembahkan dalam bentuk figura, kaos, buku-buku serta jam dinding. “Kalau saya suka yang street fotografi ya, karena lebih terlihat spontan dan natural aja gayanya,” ungkap Clara.

PHILIA Photography Exhibition diselenggarakan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-22 KSM Fotkom 401  dengan mengusung tema "Apresiasi". Kegiatan ini merupakan  dedikasi KSM Fotkom dalam perjalananya hingga saat ini. Berbagai kegiatan sudah ditoreh oleh mereka seperti mengikuti jambore fotografi mahasiswa di berbagai wilayah Indonesia seperti Lampung, Makassar, Surakarta, Cirebon, Ternate, Jember, dan Bali.

Tak hanya menjadi wadah untuk melampiaskan  jiwa seni dan penghargaan bagi anggota KSM FOTKOM 401, tujuan diselenggarakan pameran ini sebagai wadah  edukasi fotografi yang bermanfaat sesuai dengan perkembangan tren. Selain itu, pameran foto ini diharapkan dapat memperkenalkan serta  membangkitkan minat masyarakat dalam dunia fotografi, meningkatkan kreatifitas anggota FOTKOM 401, mempererat persaudaraan FOTKOM 401 serta mempertahankan eksistensi karya mahasiswa di era post pandemic.

Aryasatya Riszky Pradana selaku ketua pelaksana  berharap kreatifitas setiap anggota tidak hanya dalam bentuk figura, tetapi dapat diaplikasikan ke berbagai medium lainnya. Selain itu, pameran ini mewadahi semua ide yang merupakan bagian kreatifitas mahasiswa.

“Nanti buat angkatan selanjutnya, KSM Fotkom makin berkembang tidak stagnan foto pakai figura dan temen-temen diharapkan dapat mengaplikasikan foto-fotonya tidak hanya di figura, cetak dan tulisan,” tutup Dana. (Dwi Wahyu)


Editor: Dias Nurul Fajriani

 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.