Header Ads

Sinergi PKKBN Jurusan Ilmu Komunikasi


Materi Pengenalan Dosen pada PKKBN Jurusan Ilmu Komunikasi. (Sumber: Amelia)

Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNYK) resmi menyelenggarakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) pada hari Selasa, (16/08/2022). Setelah melaksanakan kegiatan PKKBN secara daring selama dua tahun terakhir, akhirnya Jurusan Ilmu Komunikasi UPNYK kembali menggelar kegiatan PKKBN secara tatap muka. 

Diikuti oleh kurang lebih 400 peserta yang terdiri dari mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, acara diselenggarakan dengan berbagai agenda. Meliputi Seminar Dosen EXECUTION (Expo Campus and Sharing Session) yang berisi perkenalan dosen dan kurikulum, pengenalan LPM dan KSM, serta pemutaran video profil Jurusan Ilmu Komunikasi.

Setelah kegiatan PKKBN Jurusan Ilmu Komunikasi selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan kegiatan PKKBN Prodi masing-masing. Dalam kegiatan ini, kedua program studi mengusung tema yang berbeda. Candra Raihandharta, selaku Ketua Panitia PKKBN Prodi Imu Komunikasi menyatakan bahwa dengan tema “Merchixero” yang diambil dari bahasa Yunani, para mahasiswa baru diharapkan dapat mencapai tempat yang indah di atas langit yang dinamakan dengan “Meteora”. Dalam konteks ini diibaratkan sebagai Prodi Ilmu Komunikasi.

Kegiatan PKKBN Program Studi Ilmu Komunikasi. (Sumber: Maria)

Sementara itu, Prodi Hubungan Masyarakat menamakan kegiatan mereka sebagai “Proday 2022”. Pemilihan kata “Proday” merupakan singkatan dari Public Relations Orientation Day. Dalam Proday 2022 ini, Prodi Hubungan Masyarakat mengusung tema kecil “To Infinity and Beyond” yang apabila diartikan menjadi “Menuju Tak Terbatas dan Melampauinya”. Dengan tema ini, mahasiswa baru diharapkan dapat melampaui segala batasan dalam berkarir dan berkarya di bidang Public Relations. Selain itu, dapat dijadikan sebagai landasan dan semangat yang bisa diterapkan oleh para Public Relations muda dalam menghadapi dunia perkuliahan dan pekerjaan.

Sebagai permulaan transisi untuk kembali pada kegiatan yang bersifat tatap muka, tentunya terdapat banyak perbedaan yang dihadapi oleh panitia ketika mempersiapkan kegiatan PKKBN ini. “Awalnya memang sempat merasa kesulitan karena panitia kebanyakan berasal dari angkatan 2020 dan 2021 yang selama ini memang belum pernah melaksanakan kegiatan PKKBN secara tatap muka. Jadi, kami sempat mencari dan menghubungi angkatan 2018 juga dari jurusan lain untuk belajar dan bertanya-tanya terkait dengan teknis kegiatan PKKBN ini,” ujar Raisya Dwi Nafidya, selaku Ketua Panitia PKK Prodi Hubungan Masyarakat.

Materi Internal Dosen pada PKKBN Prodi Hubungan Masyarakat. (Sumber: Maria)

Dalam PKKBN kali ini, pihak kampus dan dosen terus memantau dan melakukan koordinasi dengan panitia. Dengan begitu, acara dapat berjalan sesuai dengan PKKBN yang diselenggarakan secara tatap muka sejak tahun-tahun sebelum pandemi. 

“Tidak ada persiapan khusus karena PKKBN sendiri sudah dilaksanakan sejak lama dan jurusan juga sudah memiliki pengalaman yang cukup panjang dalam melaksanakannya. Namun, karena pihak panitia belum pernah merasakan kegiatan PKKBN secara tatap muka maka kami pantau bagaimana panitia mengatur acara,” jelas Agung Prabowo selaku Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi.

Dalam pelaksanaan kegiatan PKKBN Jurusan Ilmu Komunikasi tentu belum bisa dikatakan sempurna dan pastinya terdapat tantangan serta kendala dalam kegiatannya. Berdasarkan penuturan dari Chandra Raihandharta, kendala yang dihadapi panitia lebih mengarah kepada kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia di kampus. Hal tersebut membuat panitia cukup kewalahan ketika perpindahan kegiatan dan harus menyesuaikan dengan kegiatan Prodi yang lain. Belum lagi, jumlah mahasiswa baru yang banyak menjadikan hal tersebut tantangan dan kendala baru bagi panitia. 

Penuturan tersebut juga didukung oleh Raisya Dwi Nafidya. “Kendala ada di masalah tempat pelaksanaan karena jumlah kapasitas mahasiswa baru tahun ini juga bertambah tapi tempatnya terbatas. Kalau kendala komunikasi sama dosen tentu ada, tapi untuk tahun ini koordinasi lebih enak soalnya setiap divisi difasilitasi satu pintu,” tutur Raisya.

Terlepas dari permasalahan tantangan dan juga kendala panitia dalam menyelenggarakan kegiatan PKKBN Jurusan Ilmu Komunikasi, pelaksanaan kegiatan PKKBN dapat berjalan baik dengan kerja sama antara panitia dari Prodi Ilmu Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Dengan demikian, menciptakan suasana kegiatan PKKBN yang menarik dan menyenangkan.

Hal tersebut dijelaskan oleh mahasiswa baru Prodi Hubungan Masyarakat, Nazira Kansa. “Sangat seru dan benar-benar dibuat nyaman oleh panitia karena mereka juga sigap untuk bantu kita. Untuk materi kegiatan menurutku ringkas dan mudah dimengerti. Kita juga ikut berpartisipasi jadi tidak diam dan tidak ngantuk,” jelas Nazira. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan PKKBN sangat membantu mengenali lingkungan kampus dan mendukung mahasiswa beradaptasi dengan mahasiswa baru lainnya. (Amelia Maulidina, Maria Sekaringtyas)


Editor: Dias Nurul Fajriani

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.