Header Ads

Menguak Fakta dibalik Fasilitas Baru FISIP UPNVY

Tampilan lift dan dispenser FISIP. (Sumber: Erlysta Nafa)

Pengadaan dan pembangunan fasilitas baru di Gedung Agus Salim dalam beberapa bulan terakhir cukup intens dilakukan. Hadirnya beberapa fasilitas baru seperti: lift, toilet difabel, dan dispenser mendapatkan perhatian khusus dari kalangan mahasiswa. Pembangunan kali ini seolah menjawab penantian panjang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) untuk mendapatkan fasilitas penunjang yang lebih memadai.

Pengajuan akreditasi Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) membawa angin segar terhadap pembangunan fasilitas di FISIP. Adanya standar mengenai penyediaan fasilitas pendukung untuk akses difabel membuat pihak fakultas harus berbenah untuk memenuhi syarat tersebut. 

Martha Sinuarta mahasiswa Administrasi Bisnis 2022 mengatakan bahwa dirinya merasa senang sebab adanya fasilitas baru, terutama pembangunan lift. Baginya pembangunan lift di Gedung Agus Salim ini merupakan sesuatu yang ia nantikan sejak lama.“Aku senang akhirnya keinginan kita dari tahun – tahun sebelumnya itu dapat dipenuhi. Sebelumnya kan gak ada lift jadi mau ke lantai atas itu capek naiknya, tapi sekarang kan udah ada lift jadi lebih gampang. Itu berarti banget sih buat mahasiswa,” ungkap Martha.

Kendati mendapat respon positif dari kalangan mahasiswa, di lain sisi pengadaan dan pembangunan fasilitas baru di Agus Salim juga menimbulkan tanda tanya. Pasalnya, lift memang menjadi fasilitas yang sudah semestinya perguruan tinggi miliki. Terlebih struktur fisik Gedung Agus Salim terdiri dari beberapa lantai, sehingga pengadaan akomodasi tersebut menjadi salah satu syarat penting akreditasi.

Sementara itu mahasiswa lain, Sahasika Tia Fidela dari Ilmu Komunikasi angkatan 2022  bertanya-tanya mengenai fasilitas fisip yang baru.“Aku heran kenapa fasilitas-fasilitas itu baru ada sekarang? tapi aku coba ambil sisi positifnya, sebab pada akhirnya juga dibangun. Aku pribadi senang, tapi kenapa ya baru sekarang,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FISIP, Siti Fatonah menjelaskan bahwa rencana pembangunan fasilitas pendukung sebenarnya telah digulirkan jauh sebelum adanya akreditasi FIBAA. Namun, harus diakui bahwa adanya akreditasi FIBAA turut mempercepat proses realisasinya. “Sejak lama kami memang ingin meningkatkan kualitas fasilitas mahasiswa, yang akhirnya dipercepat dengan beberapa fasilitas spesial untuk kebutuhan FIBAA,” tuturnya.

Menurut Siti Fatonah alasan mengapa pengadaan pembangunan di Agus Salim tidak bisa cepat adalah adanya kendala regulasi dan birokrasi. Ia menjelaskan bahwa dalam mengajukan proposal pembangunan terdapat sistem lelang yang cukup rumit dan memakan waktu. “Biasanya anggaran itu ada diakhir, sementara kalau pengadaan yang nilainya lebih dari 200 juta harus ada lelang sehingga kita tidak cukup waktu. Itu dilematis ya, kami ingin tapi dari sisi aturan masih belum memenuhi,” ungkapnya.

Tampilan WC baru FISIP. (Sumber:Erlysta Nafa ) 

Fakta dan temuan tersebut kemudian memunculkan sebuah pertanyaan. Akankah keberlanjutan pembangunan di Gedung Agus Salim dapat ditindaklanjuti dalam waktu dekat. Mengingat rumitnya sistem birokrasi dan regulasi pendanaan yang ada.  Setelah mencari tahu lebih dalam mengenai mekanisme dan regulasi pendanaan yang turun untuk fasilitas tersebut, biro umum kampus dan pihak fakultas kompak untuk tidak memberikan jawaban.

Meskipun begitu, Siti Fatonah memastikan bahwa keberlanjutan pembangunan di Gedung Agus Salim masih akan terus menjadi perhatian pihaknya. Dirinya juga meminta mahasiswa harap bersabar, sebab pembangunan sarana dan prasarana di FISIP memerlukan waktu yang panjang. Ia menambahkan bahwa pihaknya telah merencanakan beberapa fasilitas baru yang ditargetkan selesai pada tahun ini.“Rencananya kami akan menambah dua lift di beberapa titik yang ada di FISIP. Salah satunya ditargetkan akan tuntas pada akhir tahun,” tutupnya. (Rama Setya Wijaya)


Editor: Latri Rastha Dhanastri 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.