Header Ads

FISIP UPNVY Terima Kunjungan dari Asesor Akreditasi Internasional FIBAA

Panitia Akreditasi berfoto dengan Asessor. (Sumber: Axel) 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) mendapat kunjungan untuk akreditasi Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) pada Kamis (27/2/2024). Berbagai persiapan telah dilakukan oleh pihak fakultas guna menerima kunjungan akreditasi internasional ini.

Hestutomo Restu Kuncoro, project manager FISIP dalam akreditasi internasional FIBAA menjelaskan, persiapan dari tahap awal sampai kunjungan asesor memerlukan waktu selama dua tahun. Tahap pertama, dimulai dengan revisi kurikulum yang dinilai belum memenuhi standar internasional, proses ini memerlukan waktu selama satu tahun. Kemudian, dilanjutkan dengan FIBAA proper, yaitu menyusun dokumen-dokumen yang memerlukan waktu 6 s.d 8 bulan.

Hestutomo menjelaskan, memang banyak hal yang diperbaiki, seperti kegiatan internasional dan perbaikan fasilitas. “Salah satu standar yang diminta oleh FIBAA adalah bagaimana kita memberikan akses kepada mahasiswa yang difabel,” jelasnya saat ditemui. Perbaikan fasilitas tersebut bisa dilihat dengan keberadaan lift dan kamar mandi difabel.

Proses penilaian akreditasi FIBAA tidak tahu secara pasti akan berlangsung berapa lama, karena masih ada beberapa proses yang harus dilalui setelah kunjungan asesor. Menurut Hestutomo, setelah visitasi masih ada proses penilaian yang dilakukan tim FIBAA. “Jika proses penilaian sudah selesai ada dua kemungkinan terakreditasi, yaitu terakreditasi tanpa syarat atau terakreditasi dengan syarat. Jika terakreditas dengan syarat maka harus memenuhi syarat tersebut,” jelasnya.

FISIP UPNVY merupakan fakultas pertama yang melakukan pengajuan akreditasi. Machya Astuti Dewi, Dekan FISIP UPNVY mengatakan fakultas dianggap punya banyak kegiatan internasional sehingga siap untuk mengikuti akreditasi ini. ”Saat rektor menanyakan fakultas mana siap untuk akreditasi internasional, FISIP siap,” ujarnya. Saat visitasi berlangsung, ia juga mengaku para asessor memuji kreativitas dan semangat belajar para mahasiswa.

Machya berharap FISIP bisa diberikan lebih banyak kesempatan berkolaborasi dengan universitas di dunia. Kedepannya akan semakin banyak mahasiswa asing yang melakukan pertukaran ke FISIP. (Fadhilatul Dewi)


Editor: Ajeng Putri Kurniawati

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.