Header Ads

FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta Gelar PKKBN Sambut Mahasiswa Baru 2023

 

Suasana PKKBN FISIP tahun akademik 2023/2024. (Sumber: Ibrahim Febriyanto)

Yogyakarta, SIKAP – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Yogyakarta menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) tingkat fakultas guna menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 pada Senin (14/08) di Lapangan Parkir Agus Salim. Acara ini dihadiri oleh 807 mahasiswa dari seluruh jurusan.

PKKBN dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Arika Bagus, SIP. MA selaku ketua pelaksana dalam kegiatan ini memberikan sambutannya. “Tujuan dari penyelenggaraan PKKBN FISIP adalah bagian dari proses pembelajaran untuk mengenalkan identitas dan karakter Bela Negara yang dimiliki UPN Veteran Yogyakarta. Aktivitas yang dilaksanakan menjadi bagian untuk mempersiapkan mahasiswa baru agar dapat mengikuti pembelajaran di PT dengan menggunakan pendekatan yang edukatif, humanis, demokratis dan membahagiakan,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FISIP Dr. Dra. Machya Astuti Dewi, M.Si. Ia memberikan ucapan selamat kepada seluruh mahasiswa baru, terutama Jurusan Ilmu Komunikasi. Hal ini dikarenakan jurusan tersebut menjadi salah satu yang terketat persaingannya di UPN “Veteran” Yogyakarta.

PKKBN tahun ini mengambil tema besar berupa Neganthropy: Every Ending is New Beginning dengan tema kecil Harry Potter. Terdapat tiga sub besar materi yang ingin disampaikan kepada mahasiswa baru, yaitu career planning, sosial dan character building.

Pengambilan tema ini tidak lepas dari fase perkembangan manusia yang dapat dibagi dalam dua fase, yaitu “Entrophy” dan “Negentrophy”. "Entrophy" mengacu pada kondisi di mana kesadaran manusia belum teratur dan terstruktur dengan baik. Manusia memiliki banyak pengetahuan, perasaan, dan lainnya, tetapi hal tersebut seringkali belum terintegrasi dengan baik. Sedangkan "Negentropy" menggambarkan keadaan manusia yang telah siap, yaitu memiliki kesadaran yang tersusun dengan baik.

Ahmad Azhari selaku wakil ketua PKKBN FISIP tahun ini menjelaskan harapan dari dipilihnya tema tersebut. “Tentunya kita berharap semoga mahasiswa baru ini memiliki karakter yang kuat setelah melewati seminar ini. Bisa terbentuk dan mengetahui jiwa sosial itu seperti apa. Kita juga pengen agar mereka tidak bingung dalam mengikuti OK (Organisasi Kemahasiswaan) atau menjadi mahasiswa kupu-kupu,” jelasnya.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber seorang content creator dan CEO, yaitu Danang Giri Sadewa. Setelah berkenalan, ia memaparkan materi untuk para mahasiswa baru. Dirinya menceritakan keberhasilannya dalam menjadi seorang content creator sehingga bisa menjelajahi 20 negara secara gratis. Konsistensi dan Upaya yang dilakukannya itu dimaknai sebagai salah satu wujud dari ”Every Ending is New Beginning“.

Mafazika Zandia Putra, mahasiswa baru Program Studi Ilmu Komunikasi, memberikan komentarnya tentang PKKBN tahun ini. “ini adalah PKKBN pertama saya sehingga menjadi acuan, ternyata seperti ini rasanya bertemu dengan teman-teman baru dengan umur yang berbeda. Seru karena kita bisa bertemu dengan beragam orang yang unik-unik,” ungkapnya.

Selain Mafazika, Olivtiar Agnesia Bonita seorang mahasiswa baru Program Studi Hubungan Masyarakat juga menyampaikan pendapatnya. “PKKBN FISIP tahun ini dapat membantu mengenali siapa saja teman-teman kita yang satu jurusan dan berbeda jurusan. Tugas-tugas PKKBN ini bisa mengembangkn diri kita. Dengan artikel dan essay itu kreativitas kita benar-benar diuji” ucapnya.

Acara ini juga diisi dengan konten tanya dekanat, materi mengenai akademik dan MBKM, pengenalan OK, sekaligus mempromosikan acara fakultas yang akan berlangsung dalam waktu dekat, yaitu Mapro dan Start Fest. Hal ini daharapkan agar mahasiswa baru dapat mengenali kehidupan kampusnya secara singkat. (Ibrahim Febriyanto)

 

Editor: Irza Triamanda


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.