Header Ads

Semarak Pop Kultur Jepang dalam Kira-Kira Festival 2023

Panggung Kira-Kira Festival 2023 di Transmart Maguwoharjo, Yogyakarta. (Sumber: Latri Rastha Dhanastri)

Yogyakarta, Sikap - Kira-Kira Festival (KKF) kembali hadir dengan mengangkat tema Japan Movie setelah tahun lalu mengusung konsep kebudayaan Jepang. Acara festival pop kultur Jepang yang diadakan oleh Mahasiswa Hubungan Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) angkatan 2020 ini diselenggarakan di Transmart Maguwoharjo Yogyakarta pada Sabtu (20/05/2023).

Rangkaian kegiatan dimulai pukul 13.00 WIB oleh Master of Ceremony. Selanjutnya, acara dibuka oleh sambutan dari Alifya Bunga Syurga selaku Project Manajer serta Dewi Novianti sebagai Ketua Program Studi Hubungan Masyarakat. Tidak hanya menyelenggarakan lomba cosplay walk, para pengunjung dan peserta dapat berpartisipasi dalam takoyaki games, lomba menyanyi lagu Jepang, serta dimeriahkan oleh penampilan Minerva Land dan Berlin Boys Berkaraoke.

Marcella selaku Wakil Project Manajer menjelaskan acara ini merupakan tugas akhir dari mata kuliah Management Event yang mengharuskan mahasiswa untuk membuat proyek besar. "Seluruh panitia KKF 2023 adalah mahasiswa Prodi Humas UPNVY angkatan 2020. Kegiatan ini masih menjadi satu bagian dari KKF 2022 dan diadakan untuk memenuhi tugas kuliah," ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, banyak pengunjung yang mengenakan pakaian karakter baik dari anime maupun game produksi Jepang. Meskipun begitu, ada juga yang berpenampilan bak karakter dari pop kultur negara lain. Keunikan tersebut justru membuat publik beramai-ramai melakukan swafoto bersama tokoh-tokoh tersebut. Hal ini juga menjadikan pagelaran cosplay menjadi salah satu rangkaian acara yang paling dinimati oleh pengunjung. Saat para kontestan berpose di depan para juri, arena festival dipenuhi oleh para penonton serta panitia yang antusias melihat penampilan cosplay.

Alisia, salah satu pelajar asal Yogyakarta mengaku suka mendatangi acara seperti ini untuk melihat secara langsung karakter anime kesukaannya yang diperankan oleh orang lain. "Aku sama teman-teman aku memang suka datang ke acara-acara kreatif seperti ini. Suka karena pengen lihat cosplay karakter game yang aku sukai di dunia nyata. Aku pribadi lagi suka main Genshin Impact," tuturnya. 

Tak hanya para peserta lomba saja yang berdandan menyerupai karakter anime, penonton pun ikut melakukan cosplay. Malva, salah satu pengunjung tampil dengan totalitas memerankan Makima dari anime Chainsaw Man. Namun, ia hanya datang untuk menikmati acara dan tidak berpartisipasi dalam lomba. “Aku ikut festival seperti ini dari 2021 dan jadi keterusan sampai sekarang," ucap Malva.

Kira-Kira Festival tahun ini merupakan acara terakhir yang diselenggarakan oleh panitia (mahasiswa Prodi Humas angkatan 2020). Oleh karena itu, Marcella berharap ada mahasiswa UPNVY yang bisa meneruskan kegiatan ini di waktu mendatang. "Aku sangat berharap kegiatan seperti ini bisa diteruskan oleh mahasiswa Humas angkatan selanjutnya, karena menurutku acara ini menarik dan asik," tutup Marcella. (Latri Rastha Dhanastri)

 

Editor: Mutiara Fauziah Nur Awaliah

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.