Header Ads

Pentas Rakyat Jayaratih, Menggerakan Kembali Kesetiaan Hati

Salah satu adegan dalam pentas rakyat. (Sumber: Zidan Pamungkas)

Yogyakarta, SIKAP – Teater Jubah Macan SMAN 3 Yogyakarta adakan acara pentas rakyat pada Sabtu (19/11/2022). Pentas rakyat ini hadir kembali secara langsung setelah ditiadakan selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Acara pentas rakyat tahun ini dikemas dengan tema yang bertajuk kesetiaan atau ‘Jayaratih’.

Rangkaian acara dimulai pada pukul 18.00 – 21.30 WIB di lapangan bola SMAN 3 Yogyakarta. Pentas ini dihadiri oleh kalangan masyarakat umum, alumni SMA 3 Yogyakarta, dan murid SMAN 3 Yogyakarta.

Kesetiaan diangkat sebagai tema acara alhasil melihat isu-isu pada zaman sekarang akan susahnya seseorang mendapatkan dan memberi kesetiaan. “Tema ini dipilih karena menurut kami kesetiaan itu bukan hal yang dijunjung tinggi lagi oleh manusia-manusia sekarang,” ujar Fina selaku Asisten Produksi Marketing pentas rakyat.

Fina menjelaskan jika pertunjukkan ini mengangkat kisah dari kesetiaan karakter Kamaratih dan Kamajaya dalam memaknai cinta dan menjalin asmara. Tokoh ini diambil dari tokoh pewayangan dan diadaptasi dari buku Smaradahana oleh Empu Dharmaja.

Proses persiapan pentas rakyat yang mengaitkan romansa dan hiburan tersebut dilakukan kurang lebih selama dua bulan. Waktu yang terbilang sangat singkat, tetapi kegiatan tetap berhasil digelar.

Penonton terlihat antusias dalam menyaksikan teater ini. Hal tersebut terbukti dari keramaian penonton yang terjadi saat tokoh-tokoh mulai memainkan perannya. Pihak panitia juga dengan sigap menyediakan alas di depan panggung untuk membuat penonton nyaman.

Jasmin selaku penonton pentas rakyat turut memberikan pujian atas acara teater ini. “Pentas ini dapat memberikan kesan yang baik kepada penonton. Tokoh-tokoh yang memainkan peran juga terlihat natural dan menjiwai perannya.”

Pada akhir acara, semua tokoh yang bermain peran dan para panitia yang terlibat berterima kasih kepada penonton. Pimpinan produksi dan pembimbing memberikan apresiasi dengan penyerahan plakat kepada kepala SMAN 3 Yogyakarta di akhir kegiatan.

Melalui pentas ini, Fina turut mengungkapkan harapannya. “Kami berharap agar penonton bisa menikmati pentas rakyat ini dengan baik dan pesannya juga dapat tersampaikan. Semoga kita semua bisa lebih meresapi rasa kesetiaan dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (Zidan Pamungkas)

 

Editor: Razaqa Hariz

 

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.