Header Ads

Lima Manfaat Mendengarkan Musik dalam Kegiatan Sehari-hari

Ilustrasi mendengarkan musik. (Sumber: Chakkree Chantakad, Pixabay)

Mendengarkan musik tampaknya telah menjadi rutinitas bagi banyak orang. Berbagai genre, seperti pop, jaz, dangdut, hingga rock and roll banyak digemari pecinta musik. Pada tahun 2020 selama masa pandemi, nilai pasar siaran musik di Indonesia diperkirakan tembus hingga US$148 juta atau sekitar 2,1 triliun rupiah. Banyak digemari, ternyata musik menyimpan beragam manfaat yang berarti dalam kehidupan. Berikut merupakan beberapa manfaat musik bagi kehidupan sehari-hari.

1. Memperbaiki Suasana Hati

Ilustrasi beragam suasana hati. ( Sumber: Gino Crescoli, Pixabaybar)

Suasana hati bagi beberapa orang merupakan hal yang sangat penting karena berpengaruh untuk keberlangsungan aktivitas sehari-hari. Apabila suasana hati dalam keadaan baik, kegiatan sehari-hari akan lebih mudah diselesaikan. Sebaliknya apabila suasana hati sedang tidak baik, aktivitas terasa berat untuk dijalankan. Kita bisa mendengarkan musik sebelum memulai kegiatan ataupun peralihan dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya. Cara ini dinilai ampuh untuk menjaga dan meningkatkan suasana hati.

2. Membuka Jendela Inspirasi 

Ilustrasi musik memberikan inspirasi. (Sumber: Piyapong Saydaung, Pixabay)

Saat ingin mencari inspirasi, musik mungkin bisa menjadi pilihan alternatif. Musik dapat membantu kekosongan dan kebuntuan berpikir melalui alunan nada yang didengarkan. Otak yang dirangsang dengan musik dapat membuka dan merilekskan diri sehingga ide-ide sering muncul sesaat atau setelah mendengarkan musik.

3. Membantu Belajar Bahasa Asing

Ilustrasi mendegarkan musik. (Sumber: Zhugher, Pixabay)

Mendengarkan musik ternyata juga dapat membantu dalam belajar bahasa asing. Keragaman bahasa dalam lirik musik yang didengarkan memacu diri untuk memahami arti bahasa tersebut. Selain itu, mendengarkan musik berlirik bahasa asing juga dapat menambah perbendaharaan kata.

4. Mengurangi Stres

Ilustrasi rasa bahagia mendengarkan musik. (Sumber: Suraj Kalambate, Pixabay)

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari yang terus berulang mungkin saja akan menimbulkan rasa stres. Apabila hal ini dibiarkan, bisa saja akan mengganggu aktivitas hingga yang paling buruk dapat memberi dampak negatif kepada orang yang ada di sekitar kita. Ada penelitian bahwa dengan kita mendengarkan musik bisa menimbulkan rasa bahagia sehingga stres yang kita rasakan dapat berkurang. 

5. Penyemangat dalam Berolahraga

Ilustrasi olahraga sambil mendengarkan musik. (Sumber: StockSnap, Pixabay)

Manfaat lain dari mendengarkan musik ternyata juga dirasakan saat berolahraga. Dengan mendengarkan musik, kita jadi tidak cepat bosan dengan suatu gerakan dalam berolahraga dan menjadi lebih berkonsentrasi. Oleh sebab itu, tidak heran jika ketika berolahraga banyak orang yang menyematkan headset di telinga atau memutar speaker untuk mendengarkan musik. (Gheandaru Ghifary Adishakti)


Editor: Yahya Wijaya Pane

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.