Header Ads

Eksistensi Blewah sebagai Buah Primadona Saat Berbuka Puasa

 

Buah blewah. (Sumber: Dzika Fajar)

Blewah adalah buah yang sering ditemukan saat bulan Ramadan. Buah ini kerap dijadikan campuran minuman untuk berbuka puasa. Karena tekstur buahnya yang berair dan harganya yang murah, blewah banyak diburu dan menjadi primadona.

Saat puasa selama satu hari, kebutuhan air dalam tubuh meningkat sehingga dibutuhkan asupan yang mengandung banyak air. Dilansir dari hellosehat.com, kandungan air pada blewah mencapai 90,2% per gramnya. Dengan demikian, blewah sangat cocok dikonsumsi ketika berbuka. 

Blewah termasuk dalam buah-buahan sejenis melon. Di dalamnya terdapat banyak nutrisi, karoten, potassium, magnesium, vitamin A, Vitamin B, hingga vitamin C.  Karena itu, blewah memiliki banyak manfaat. Mulai dari menyeimbangkan cairan tubuh, mengatasi dehidrasi, dan meningkatkan fungsi penglihatan, hingga mencegah katarak. Buah yang cenderung berwarna jingga ini mempunyai nama latin Cucumis melo var cantalupensis.

Saat menjelang Ramadan, di beberapa daerah khususnya Blora, blewah biasanya dipadukan dengan sirup, es, dan buah-buahan lainnya. Karena tingginya permintaan sebagai bahan minuman untuk berbuka, penjualan buah blewah pun meningkat.

Suwarni, salah satu pedagang Blewah di Blora menuturkan, “Semenjak Ramadan, buah blewah banyak diburu pembeli, terutama para penjual takjil,” jelasnya. Dirinya menambahkan jika hidangan yang diberi campuran blewah bukan sekadar minuman berbuka saja. 

Menurut Suwarni, buah yang dijual di daerah Blora kebanyakan dari daerah Blora itu sendiri. Bukan hanya petani blewah saja yang kewalahan dengan permintaan blewah saat Ramadan, penjual es juga  merasakan demikian. Rata-rata pedagang es buah blewah adalah pedagang musiman, yaitu hanya berdagang pada saat bulan Ramadan tiba. Ini menjadi salah satu alasan blewah menjadi buah primadona yang diincar.

Olahan minuman yang berasal dari blewah. (Sumber: Dzika Fajar)

Rina, seorang pedagang takjil berbahan blewah mengaku sulit mendapat blewah pada saat pertengahan bulan Ramadan. “Wah, kalau udah pertengahan puasa, harganya sudah naik mas,” ujarnya.

Sebenarnya tidak hanya blewah saja yang baik dikonsumsi saat puasa. Masih banyak buah yang menjadi buruan para penikmat takjil, seperti semangka atau melon. Akan tetapi, blewah seakan memiliki nilai keunikan dan keistimewaan tersendiri. (Dzika Fajar Alfian R.)


Editor: Arie Sulistyaning Tyas

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.