Header Ads

Mengisi Waktu Ngabuburit di Rumah Bisa Tetap Seru dan Asik

Memasak menjadi kegiatan seru menunggu waktu berbuka. (Sumber: pinterest)

Ramadan kali ini merupakan tahun kedua ibadah puasa yang dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19. Walaupun demikian, beberapa aktivitas telah dapat berjalan normal meski harus menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya adalah tradisi yang identik dengan bulan Ramadan yaitu ngabuburit. Kegiatan menunggu azan magrib untuk berbuka puasa ini, dapat digantikan dengan berbagai aktivitas positif yang bisa dilakukan di rumah saja.

Cara pertama agar ngabuburit di rumah tidak membosankan adalah mencari permainan seru. Berupa permainan langsung, seperti UNO, monopoli, maupun game online di telepon pintar. Selain itu, cara ngabuburit seru lainnya adalah dengan menonton film atau drama serial. Menonton film favorit bersama keluarga atau kerabat pasti akan lebih seru dengan tema film yang ringan dan bisa ditonton semua usia.

Kegiatan alternatif selanjutnya adalah menyiapkan makanan untuk berbuka dengan memasak sendiri. Tak hanya membuat ngabuburit menjadi seru, tetapi dengan memasak sendiri kebersihan makanan akan lebih terjamin sehingga jauh lebih sehat. Tersedia berbagai menu pilihan yang cocok untuk berbuka, seperti kolak, sup, tumis sayur, hingga minuman segar. Bisa juga membuat camilan untuk disantap setelah ibadah salat Tarawih. Berupa camilan kekinian, seperti puding oreo, pie susu, martabak manis, dan masih banyak lagi.

Faradella Fatma Julita, seorang Mahasiswi UNY Jurusan Pendidikan Kimia menceritakan pengalamannya menunggu buka puasa. Ia mengatakan karena saat ini masih awal puasa dan harus menjalani kuliah sampai sore, aktivitasnya tidak berbeda dengan bulan biasa.

“Karena kuliahku juga sampai sore, jadi tidak terasa tau-tau udah sore. Kalau misalnya lagi mood ya aku mengerjakan tugas, kalau lagi tidak mood biasanya menonton YouTube, TikTok, atau TV,” ujarnya. Ia juga mengatakan rencananya yang akan mencoba untuk memasak makanan atau camilan berbuka.

Lain halnya dengan Lia Septiana Dewi, salah satu Mahasiswi UGM Jurusan Sejarah ini menceritakan ngabuburitnya yang diisi dengan kegiatan menghasilkan uang. “Karena aku jualan pernak-pernik K-pop, biasanya kalau siang aku packing pesanan, lalu sorenya aku antar ke tempat ekspedisi atau yang mau COD (Cash On Delivery) sekalian,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Lia juga mengatakan senang berburu makanan untuk berbuka puasa. “Biasanya sering jajan di dekat rumah karena dekat dengan pasar, atau kadang ke Prambanan, kalau tidak ya ke Berbah,” imbuhnya.

Meskipun hanya di rumah saja, banyak kegiatan untuk dilakukan mengisi waktu berbuka. Ketika memilih untuk ngabuburit keluar pun harus mematuhi protokol kesehatan agar tetap aman dan sehat. Pilihlah kegiatan ngabuburit yang paling disukai dan seru! (Adinda Farah Ramadhannisa)


Editor: Delima Purnamasari


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.