Header Ads

Tempat Berburu Takjil di Yogyakarta

Penyelenggaraan pasar sore ramadan di Yogyakarta (Sumber: Arinda Qurnia)

Puasa Ramadan yang dimulai sejak Selasa (13/4) turut diramaikan dengan kehadiran beberapa pasar sore Ramadan. Terlebih, Yogyakarta indentik dengan berbagai jenis wisata kuliner. Oleh karena itu, pada bulan puasa masyarakat begitu antusias berburu kuliner buka puasa. Dari sekian banyak tempat di wilayah Yogyakarta yang menjadi tempat berkumpulnya para pedagang, berikut beberapa rekomendasi tempat dari tim Suarasikap. Yuk, kita cek.

Kampoeng Ramadhan Jogokariyan

Suasana aktivitas jual beli di Kampoeng Ramadhan Jogokariyan (Sumber: Arinda Qurnia)

Kampung Ramadhan Jogokariyan (KRJ) merupakan salah satu pasar sore yang digelar di sekitar Masjid Jogokariyan, Mantrijeron, Yogyakarta. Pada pukul 15.00 WIB, KRJ sudah dipenuhi pedagang serta pengunjung. Karena berlangsung selama pandemi, pengelola KRJ pun menyediakan hand sanitizer di berbagai titik di Jalan Masjid Jogokariyan.

“Ada jarak 2 meter antara pedagang satu dengan yang lain. Sehingga, sekarang hanya 179 pedagang. Biasanya kan 600 lebih,” jelas Ustaz Muhammad Jazir, Ketua Dewan Syuro Masjid Jogokariyan, dilansir dari KumparanNews.

Pilihan yang ditawarkan di antaranya terdapat foodstreet kekinian seperti dimsum, corndog, cumi dan gurita bakar, takoyaki, pizza, zupa soup, waffle, hingga kebab. Beberapa makanan tersebut dibanderol mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000 per porsinya. Bagi penikmat makanan tradisonal, tersaji berbagai pilihan seperti gethuk, tiwul, cenil, pecel, mendoan cilacap yang terkenal berukuran besar, dan asinan bogor.

Tidak hanya makanan, minuman yang dijual pun terbilang variatif. Di antaranya seperti es buah, es doger, es kuwud bali, es nangka, kopi, thai tea, dan alpukat kocok. Harga setiap gelasnya mulai dari Rp5.000 – Rp10.000 saja, lho.

Di KRJ, terdapat satu stan yang ramai antrian pembeli yakni stan Jejenangan. Stan tersebut menjual 15 macam aneka jenang. Harga tiap gelasnya Rp8.000. Jenang yang dijual di antaranya varian grendul, pradan, telo ungu, candil, canthel, ketam hitam, mutiara, sumsum, beras merah, jagung, dan lain-lain. Menu spesial yang dimiliki adalah jenang gempol seperti yang tercantum pada banner di stan ini. Selain jenang, terdapat sate gajih sapi dengan harga Rp2.000 per tusuknya. Tidak hanya makanan, penjual peci juga hadir di KRJ dengan harga jual Rp5.000 - Rp15.000 per buah.

Pasar Legi Kota Gedhe

Pedagang Pasar Kota Gedhe dan Putu Ayu Pak Wasdi (Sumber: Arinda Qurnia)

Pasar Legi yang terletak di Jl. Mentaok Raya, Purbayan, Kotagede ramai oleh pedagang makanan, minuman, sayur, ikan, dan sebagainya. Di bulan puasa ini, di jalan sekitar Pasar Kota Gedhe berjejer pedagang gorengan, dimsum, sempol, cilor – maklor, pecel, susu sapi, aneka es, hingga rica-rica kerang seharga Rp10.000 tiap porsinya. Jajanan yang ditawarkan bervariasi seperti yang terdapat di Kampoeng Ramadhan Jogokariyan.

Di pasar inilah ditemukan kue putu ayu yang khas dengan suara berdenging dan uap dari cetakan bambu. Wasdi, salah satu pedagang di Pasar Kota Gedhe, menjual kue putu ayu dengan harga Rp1.000 per buahnya. Selain itu juga ada cenil seharga Rp250 per buah dan klepon seharga Rp500 per butir. Meski jajanan tradisional, pembayaran untuk dagangan Wasdi sudah modern, lho. Selain membayar tunai, dapat juga melalui scan QR code LinkAja.

“Selama bulan puasa mulai jualan jam dua siang. Sebelum jam sembilan biasanya sudah habis. Kalau hari biasa dari pagi sampai jam sembilan malam. Tapi kalau malam, warnanya (cenil dan klepon) sudah mulai berubah,” jelasnya pada Jumat (16/4).

Pasar Sore Sorosutan

Pedagang aneka sayur di pinggir Jalan Sorogenen, Sorosutan (Sumber: Arinda Qurnia)

Pasar Sore Sorosutan digelar sepanjang Jalan Sorogenen, Sorosutan, Umbulharjo selama bulan Ramadan. Membentang sepanjang 500 meter, baik di kanan maupun kiri jalan dipenuhi pedagang dengan aneka makanan dan minuman. Pada pukul 15.00 WIB, aktivitas jual beli telah dimulai.

Jajanan kekinian seperti di KRJ juga hadir di sini seperti dimsum, sempol, cilok, batagor, chicken rice bowl, hingga dessert box. Selain itu, dijual juga makanan sehari-hari seperti gudangan, pecel, lotek, dan gudeg wijilan. Salah satu jajanan yang ramai akan pengunjung adalah aneka sayur serba Rp5.000. Menu yang disediakan di antaranya adalah pecel bakmi, kering tempe, telur balado, krecek, udang goreng, dan lain-lain.

Stadion Maguwoharjo

Suasana pasar sore di sekitar Stadion Maguwoharjo Sleman (Sumber: Arinda Qurnia)

Sepanjang simpang tiga timur Stadion Maguwoharjo Sleman, setiap sorenya berderet pedagang makanan, minuman, masker medis, bahkan pakaian. Pada pukul 16.00 WIB, para pedagang mulai memadati trotoar untuk membuka lapaknya. 

Beberapa menjajakan bakso tusuk, takoyaki, sosis dan bakso bakar, cumi bakar, dimsum, serta pecel bakmi dengan kisaran harga Rp5.000 – Rp10.000 tiap porsinya. Penjual jambu kristal juga dapat ditemukan disini dengan menawarkan harga Rp10.000 per kilogram.

Di tanah lapang timur stadion juga digelar aneka permainan anak-anak layaknya karnaval pasar malam. Sebut saja arena balon dan mandi bola, kereta mini, komedi putar, trampolin, hingga mini bianglala.

Kampung Kauman

Pedagang di Kampung Kauman dan Garang Asem Bu Nur (Sumber: Arinda Qurnia)

Sepanjang Jalan Kauman di sore hari telah berderet aneka kuliner dan jajanan pasar yang dijajakan. Watik, salah satu pedagang jajanan pasar, menuturkan bahwa dirinyas mulai membuka lapak pada pukul 14.00 WIB.

Jajanan yang ditawarkan berupa kue tradisional seperti klepon, semar mendhem, aneka olah ketan, hingga kipo dengan harga mulai Rp2.000 per buah. Aneka jenis jenang juga tersedia dengan harga Rp8.000 per gelas. Adapun makanan khas Jawa Tengah, salah satunya garang asem Bu Nur Kauman dengan harga Rp7.000 untuk tiap bungkusnya.

Alun-Alun Kidul

Suasana pedagang di trotoar Alun-Alun Kidul Yogyakarta. (Sumber: Arinda Qurnia)

Tak jauh dari Kauman, Alun-Alun Kidul Yogyakarta juga dapat menjadi pilihan. Aneka makanan dan minuman juga ramai ditawarkan sepanjang trotoar yang melingkari lapangan. Selain berburu kuliner berbuka, pengunjung juga dapat mencoba masangin atau melewati antara dua beringin kembar dengan menutup mata. 

Kuliner yang tersedia antara lain tahu gejrot, sosis dan bakso bakar, dimsum, tahu walik, telur gulung dan sempol yang berkisar Rp5.000 – Rp10.000 tiap porsi. Minuman seperti wedhang ronde, cappucino cincau, aneka jus, dan es buah dibanderol Rp5.000 – Rp15.000 per gelas.

Selain rekomendasi tersebut, masih ada lho pasar sore ramadan yang tersebar di berbagai lokasi. Di wilayah Sleman, pertama, terdapat di area Pasar Jangkang, Widodomartani, Ngemplak. Kedua, Bazdhan, Bazar Ramadhan Prambanan Raya yang berlokasi di Jalur Garuda, utara Kantor Polsek Prambanan Sleman. Bazar yang dibuka mulai Selasa (13/4) hingga Rabu (12/5) akan memberikan kupon hadiah untuk setiap pembelian. Hadiah akan diundi pada akhir ramadan.

Kulon Progo pun turut meriah dengan adanya Pasar Ramadhan Gegunung, Sedangsari, Pengasih. Berdasar poster yang dirilis Karang Taruna Gegunung akan ada aneka makanan, minuman, jajanan pasar, sayur, hingga bazar UMKM. Buka mulai pukul 15.00 WIB setiap hari hingga Selasa (11/5). (Arinda Qurnia)

Editor: Mohamad Rizky Fabian

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.