Header Ads

Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta Selenggarakan PKKBN Online

Bumper PKKBN 2020 (Foto: Akun Youtube UPN TV)

(PKKBN) UPN “Veteran” Yogyakarta Jurusan Ilmu Komunikasi tahun 2020 telah dilaksanakan secara daring (23/3). Kegiatan yang diikuti oleh 198 mahasiswa baru ini diselenggarakan secara live streaming melalui platform Youtube dan Zoom. PKKBN daring kali ini mengangkat tema Diaspora.

Diaspora memiliki arti kegiatan berpindah ke suatu tempat untuk mengembangkan diri. Menurut Ketua PKKBN Jurusan Ilmu Komunikasi, Ruben H. Sianturi, tema ini tergambar dalam cover Mahabarata yang mengisahkan perpindahan Pandawa dari kerajaan yang ditinggali. “Kisah perpindahan ini menceritakan Pandawa yang akhirnya membangun kerajaan baru dengan lebih makmur dari kerajaan sebelumnya,” ujar Ruben. Melalui tema tersebut diharapkan mahasiswa angkatan 2020 tidak hanya aktif dalam perkuliahan, tetapi juga aktif dalam kepanitian di lingkungan kampus.

Meskipun menghadapi kondisi berbeda dari tahun sebelumnya, panitia mengaku tetap melakukan koordinasi secara maksimal dalam membuat konsep yang baru dan matang. “Meski ada beberapa perubahan dalam konsep kegiatannya, tetapi para panitia juga berupaya membuat rangkaian acara yang lebih menarik, interaktif, dan tentunya lebih asik,” ujar Ruben.

Rangkaian acara dimulai dari pengenalan kepala Prodi S1 Ilmu Komunikasi beserta jajarannya, video tur kampus, serta video konten dari Kelompok Studi Mahasiswa (KSM). Acara juga dilanjutkan dengan pengenalan konsentrasi, pengenalan Organisasi Kemahasiswaan, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), dan Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) yang ada di Jurusan Ilmu Komunikasi.

Kegiatan PKKBN Online melalui Zoom (Tangkapan layar: Vanissa Zera)

PKKBN Ilmu Komunikasi tahun ini disambut penuh antusias oleh mahasiswa baru. Salah satunya Damara Anindya Putri asal Depok, “Menurut saya acara PKKBN jurusan ini seru dan juga keren. Walaupun secara daring, acara ini dibuat dengan cara yg menarik, visualisasinya juga keren, terus ada short movienya. Jadi, saya sebagai peserta PKKBN menikmati acaranya dan tidak merasa bosan.”

Kegiatan Pengenalan Organisasi kemahasiwaan dan KSM dalam bincang santai komunikasi (Foto: Akun Youtube UPN TV)

Meski demikian, kendala teknis masih ditemukan dalam pelaksanaannya. “Sempat ada kendala waktu melakukan siaran melalui Zoom. Tapi dimaklumi, karena wajar baru pertama kali melakukan ospek daring. Aku juga dapat banyak pengalaman dan cerita dari kakak-kakak LPM dan KSM yang ada di ilmu komunikasi” ujar Putri salah satu mahasiswa baru asal Wonosobo.

Untuk memeriahkan acara, para mahasiswa secara kelompok diminta membuat  akun Instagram dan mengunggah video perkenalan, yel-yel, dan video tanggap isu. Pada akhir rangkaian, panitia memberikan apresiasi kepada kelompok dengan konsep menarik dan jumlah penyuka terbanyak. (Vanissa Zera Ardiyanti)

 

Editor: Rieka Yusuf

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.