Header Ads

KSM Fotkom 401 Membawa Nuansa Berbeda Dalam Pameran Besar ‘Singularity’

 

Pengunjung melihat beberapa karya yang ditampilkan. (Sumber: Mutiara Fauziah Nur Awaliah)


Yogyakarta, Sikap — Kelompok Studi Mahasiswa Foto Komunikasi 401 (KSM Fotkom 401) kembali mengadakan pameran besar. Mengangkat tema Singularity, Fotkom 401 menampilkan koleksi karya terbaru angkatan 2021 dan 2023. Acara kali ini diselenggarakan selama tiga hari, mulai dari Jum'at hingga Minggu, 15 -17 Desember 2023 di Sangkring Art Space.

Muhammad Rayhan Firdausi selaku ketua pelaksana pameran kali ini mengungkapkan bahwa tema tersebut diangkat sebab ingin mengangkat sesuatu yang berbeda. "Pada pameran sebelumnya lebih sering mengangkat tema romansa atau memori, jadi setelah berdiskusi, tema Singularity dipilih sebab kami ingin menunjukan sisi aneh, unik, dan istimewa," ungkapnya.

"Pameran besar ini sebenarnya sama seperti dua pameran Fotkom lainnya dan dilaksanakan setiap setahun sekali. Dulu masih bernama HUT Fotkom karena bertepatan dengan ulang tahun Fotkom, tapi karena sekarang nggak bisa diselenggarakan di bulan April, formatnya berubah menjadi pameran besar," tutur Rayhan.

Salsabila Dwi Tiara Ramadhani selaku salah satu pameris mengungkapkan bahwa ajang kali ini menjadi pengalaman unik baginya, sebab karya yang ia tampilkan membawa topik yang dianggap tabu. "Kebetulan di pameran kali ini mengangkat sesuatu yang aneh nan ganjil, jadi saya mencoba mengangkat hal dengan cara yang berbeda. Hal ini saya simbolkan melalui pakaian dalam perempuan. Saya melihat di masyarakat bahwa pakaian dalam perempuan dijual lebih vulgar, tidak seperti pakaian dalam pria yang dibungkus rapi. Pakaian dalam juga menjadi simbol privasi," serunya. Ia juga menambahkan bahwa foto ini diambil dengan teknik khusus. "Saya menggunakan teknik cetak alternatif yang memanfaatkan cahaya matahari untuk pengambilan gambar," tuturnya.

Ratna Puji Astuti, salah satu pengunjung pameran merasa bahwa karya yang ditampilkan membuatnya terkesan. "Ada karya yang bisa kita coba dan rasakan langsung. Disediakan juga properti untuk berfoto, jadi pengalaman yang menarik," ujarnya. (Mutiara Fauziah Nur Awaliah)


Editor: Irza Triamanda


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.