Header Ads

Tingkatkan Kecakapan Generasi Muda melalui AIESEC Future Leaders

Sesi pembuka oleh pembicara pertama. (Sumber: Razaqa Hariz)
Yogyakarta, SIKAP - AIESEC UPN “Veteran” Yogyakarta gelar salah satu rangkaian acara bertajuk AIESEC Future Leaders (AFL) pada Sabtu (12/11/2022). AFL sendiri merupakan salah satu program yang berlangsung selama 3 bulan guna mengembangkan kemampuan para pelajar. 

Tema yang diangkat adalah River Of Life: Define Your Journey dan Navigating Your Fear and Failure. Tema ini dipilih sebagai upaya untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kapasitas pelajar dalam menetapkan goals dan skills baru secara mandiri.

Webinar dengan peserta para pelajar ini terdiri dari dua sesi dan menghadirkan pembicara dalam bidang self-development. Peserta bisa mendapatkan pelatihan untuk soft skill dan hard skill yang tertera di kurikulum AFL. Hal ini dapat membantu mereka dalam menentukan minat dan langkah yang akan diambil dalam perjalanan kehidupan mereka.

“Cara seseorang untuk mencapai tujuan mereka adalah menempuh GROW (Goal, Reality, Options, dan Way Forward). Artinya adalah menetapkan di mana Anda ingin berada, seberapa jauh Anda dari tujuan, bagaimana Anda sampai ke tempat yang anda inginkan, dan mengubah opsi menjadi tindakan,” ujar Annesyah Dewi Karina selaku Human Resource Department PT Sinar Niaga Sejahtera.

Sesi foto bersama. (Sumber: Razaqa Hariz)
Materi selanjutnya mengenai cara menavigasi rasa ketakutan dan stres dalam hidup dibawakan oleh Farhan Aidil Suhartono, Program Management Manager dari Programkuy. “Stres adalah proses di mana peristiwa atau kekuatan lingkungan yang disebut stresor mengancam keberadaan dan kesejahteraan suatu organisme dan organisme merespons ancaman ini,” jelas Farhan. 

Ia mengungkapkan bahwa dirinya selalu berhenti dan merenung saat mengalami stres akan sesuatu. “Yang dapat kita lakukan adalah belajar dari saat-saat merenungkan itu. Rangkulah rasa takut dari hal yang tidak diketahui,” jelas Farhan.

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Selanjutnya, AIESEC Future Leaders juga mengadakan sesi call to action. Sesi penutup ini bertujuan agar seluruh peserta dapat memegang tanggung jawab dalam bentuk kontribusi kepada diri sehingga menjadi pribadi yang lebih baik. (Razaqa Hariz)


Editor: Arie Sulistyaning Tyas

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.