Header Ads

Mengintip Pelaksanaan UTBK di Kampus UPN "Veteran" Yogyakarta

Pelaksanaan UTBK di Laboratorum Komputer UPN “Veteran” Yogyakarta. (Sumber: Wike)

Melanjutkan studi ke jenjang bangku perkuliahan merupakan impian bagi banyak anak muda. Berbagai jalur seleksi masuk universitas swasta maupun negeri terbuka untuk menjaring mereka yang akan mengenyam pendidikan sebagai seorang mahasiswa.

Salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang sangat populer adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN). Jalur ini menjadi fenomena tersendiri bagi para siswa SMA/SMK/MA untuk meraih mimpinya masuk ke universitas.

UTBK SBMPTN dilaksanakan di setiap universitas negeri berbagai daerah dengan regulasi yang telah ditetapkan bersama. Pada tahun 2022, UTBK SBMPTN dibagi menjadi dua gelombang, yaitu gelombang pertama pada 7-23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada 28 Mei-3 Juni 2022.

Kampus II Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta merupakan salah satu lokasi pelaksanaan UTBK SBMPTN. Tepatnya di Laboratorium Komputer Program Studi Informatika. Sebanyak 3.728 siswa melaksanakan UTBK di Pusat UTBK UPN Veteran Yogyakarta mulai tanggal 17 Mei - 1 Juni 2022.

Peserta yang mengikuti UTBK di UPN Veteran Yogyakarta terbagi menjadi 2 gelombang. Pada gelombang pertama, tercatat sebanyak 2.380 peserta mengikuti ujian. Sedangkan gelombang kedua, terhitung hingga 1 Juni 2022 tercatat ada 1.348 peserta.

“Untuk pelaksanaan UTBK di UPN Veteran Yogyakarta, kami menyediakan 4.760 kursi dari 11 ruang laboratorium komputer,” ungkap Suharsono, Wakil Rektor Bidang Akademik sekaligus sebagai penanggungjawab UTBK di UPN “Veteran” Yogyakarta. “Dari jumlah tersebut, para peserta ujian terbagi menjadi 1.903 peserta ujian saintek dan 1.825 mengikuti ujian soshum,” imbuhnya.

Peserta mengikuti protokol kesehatan. (Sumber: Hanantomo)

Karena ujian masih dalam suasana pascapandemi, peserta wajib mengikuti protokol kesehatan. Mulai dari mencuci tangan, mengecek suhu sebelum masuk ke ruang ujian, dan melakukan pemindaian melalui aplikasi PeduliLindungi. Panitia turut menambah pengawasan dengan memasang alat deteksi metal untuk mencegah peserta yang kedapatan membawa telepon gengam.

Meskipun sempat mengalami gangguan listrik padam, pelaksanaan UTBK di UPN Veteran Yogyakarta berjalan dengan lancar. Panitia telah menyiapkan genset untuk mengatasi hal tersebut. “Pelaksanaanya di sini kondusif dan teratur. Untuk fasilitas seperti tempat cuci tangan, pengecek suhu, dan ruang tunggu juga tertata dengan rapih,” ucap Muhammad Dewantoro, salah satu peserta UTBK di UPN Veteran Yogyakarta. (Hanantomo)


Editor: Arie Sulistyaning Tyas


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.