Header Ads

Mengenal Muhammad Taufiq Budiman, Kahim Ilmu Komunikasi 2021/2022

Muhammad Taufiq Budiman, Kahim Ilmu Komunikasi periode 2021/2022. (Sumber: Muhammad Taufiq Budiman)

Muhammad Taufiq Budiman terpilih menjadi Ketua Himpunan (Kahim) Ilmu Komunikasi periode 2021/2022. Berdasarkan hasil rekapitulasi yang diumumkan pihak Himakom pada Rabu (8/12/2021), Taufiq memperoleh 275 suara. Angka tersebut berhasil membuatnya unggul 13 suara dari pesaingnya, yaitu Andika Risky yang mendapat 262 suara.

Pada mulanya, keinginan Taufiq untuk bergabung dengan Himakom didasari oleh beberapa hal. Mulai dari menambah relasi, belajar manajemen waktu, ingin menghimpun serta memfasilitasi warga komunikasi, hingga membantu dari sisi advokasi.

Tidak ada niatan pada diri Taufiq untuk menjadi Kahim. Namun, ada keputusan kecil yang membuatnya berani maju menjadi calon. “Terlalu mustahil bagi orang sepertiku untuk menjadi Kahim. Alasanku mau maju menjadi Kahim dikarenakan ingin membangun Himakom menjadi lebih baik lagi dan mengembalikan era keemasan Ilmu Komunikasi,” kata Taufiq saat diwawancarai pada Jumat (17/12/2021).

Perasaan campur aduk dirasakan oleh Taufiq ketika menjadi Kahim. Bagi dirinya, Kahim adalah sebuah jabatan yang paling tinggi di komunikasi dan hal ini membuatnya grogi. Akan tetapi, ia juga merasa senang karena ini adalah bukti bahwa teman-teman percaya dengannya.

Bagi dirinya, Himakom bukan hanya sebuah organisasi, tetapi juga rumah. Sebuah rumah yang ketika menjalani tugas pokok baru disebut berorganisasi. Ia menganggap bahwa semua yang ada di Himakom adalah kakak dan adik yang memberikan pengetahuan serta pengalaman. “Himakom itu organisasi iya, keluarga iya, dan lebih pantas disebut rumah,” jelasnya.

Rekam Jejak

Sebelum terpilih menjadi Kahim, Taufiq sempat menduduki beberapa jabatan baik di Himakom maupun di acara komunikasi. Berikut di antaranya:

1. Staff Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang).

2. Sekretaris Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang).

3. Ketua Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

Selama di Himakom, Taufiq juga sempat mendapatkan penghargaan sebagai best staff of the month dan best staff of the year.

Himakom Ke depannya

Taufiq mengatakan bahwa ke depannya Himakom akan tetap menjadi organisasi yang berasaskan kekeluargaan, satu dalam kebersamaan, dan berlandaskan tema besar. Adapun tema besar yang dimaksud adalah Bersama Membangun Komunikasi dalam Komunitas Kerakyatan Berkualitas Tanpa Kelas Menuju Kebersamaan. Ia mengatakan akan membuat Himakom menjadi organisasi yang lebih banyak inovasi dan luar biasa.

Saat ditanya mengenai program-program di awal periode kepemimpinan, ia mengatakan bahwa akan ada gebrakan-gebrakan baru yang akan dilakukan oleh Himakom. “Ditunggu saja, Himakom kedepannya pasti banyak program dan acara yang luar biasa serta hal-hal baru,” jelas nya. (Lingga Prasetya)

 

Editor: Delima Purnamasari


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.