Header Ads

Vocalista Paradisso Raih Kemenangan dalam Kompetisi 8th Satya Dharma Gita Choir Festival

Tim UKM Vocalista Paradisso yang berlaga dalam kompetisi 8th Satya Dharma Gita Choir Festival, 10-13 November 2021 di Semarang. (Sumber: dokumentasi Vocalista Paradisso)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Vocalista Paradisso meraih beberapa predikat dalam perlombaan paduan suara tingkat nasional 8th Satya Dharma Gita Choir Festival (8th SDGCF) yang diadakan di Semarang, 10-13 November 2021 lalu. Beberapa predikat yang diraih di antaranya adalah 3rd Prize Winner of Grand Champion in the 8th Satya Dharma Gita Choir Festival 2021, Gold B Medal 1st Prize for Folksong & Popular Music Category, dan Silver A certificate for Mixed Choir Category.

Vocalista Paradisso mengikuti berapa katagori lomba dengan menampilkan beragam lagu yang berbeda. Pada kategori Mixed Choir, Vocalista Paradisso membawakan lagu “Memeluk Senja” dan “Ave Generosa”. Dalam kategori Folksong and Popular Music, Vocalista Paradisso menyanyikan lagu “From a Distance” dan “Yamko Rambe Yamko”. Sedangkan pada Grand Champion, Vocalista Paradisso membawakan lagu “Kalejs Kala Debesis”.

Kepala Bagian Kemahasiswaan UPN “Veteran” Yogyakarta, Mursito mengungkapkan bahwa ia sangat mengapresiasi kemenangan Vocalista Paradisso. Dirinya menjelaskan jika pihak kampus akan selalu mendukung baik secara morel maupun materiel.

“Ke depannya saya berharap UKM Vocalista Paradisso tetap berprestasi. Baik itu di dalam maupun luar negeri,” tegasnya.

Pembina UKM Vocalista Paradisso, Warsiki juga turut menyatakan rasa bangga atas prestasi ini. Dirinya berterima kasih kepada seluruh pihak yang berperan dan mendukung. Mulai dari pelatih, peserta lomba, anggota, hingga alumni Vocalista Paradisso.

Rasa syukur juga dirasakan oleh General Manager Vocalista Paradisso, Kireyna Hoshi Millenia. Kirey mengatakan bahwa ia sangat bahagia karena bisa membanggakan kampus serta memberikan pengalaman baru kepada angkatan dibawahnya yang belum pernah mengikuti kompetisi.

“Melihat mereka ikut senang dan bangga, jadi semangat lagi untuk mendapat prestasi yang lebih membanggakan,” tutur Kirey. Tak lupa ia juga berpesan kepada teman-teman Vocalista Paradisso untuk tetap rendah hati dan menjadikan prestasi kali ini sebagai batu loncatan pada kompetisi selanjutnya.

Proses untuk mendapat prestasi ini bukan tanpa hambatan. Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan aktivitas Vocalista Paradisso dalam berkompetisi sempat terhenti selama satu tahun. Meski demikian, dengan waktu tiga bulan dan terpisah jarak, Vocalista Paradisso tetap melakukan latihan. Baik itu secara luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan maupun secara daring melalui aplikasi Zoom. Latihan dimulai dari mempelajari lagu yang akan dinyanyikan, koreografi, latihan fisik agar kuat bernyanyi sambil menari, hingga latihan bersama pakar musik Diani Sitompul agar teknik yang dikuasai lebih matang. Walaupun mengaku sempat pesimis karena ini merupakan kali pertama mereka mengikuti kompetisi secara virtual dengan kompetitor yang tidak mudah, Vocalista Pradisso akhirnya berhasil meraih prestasi yang membanggakan. (Maritza Luthfi El Fahmi)

 

Editor: Delima Purnamasari

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.