Header Ads

Webinar Creative Talk untuk Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha Generasi Muda

Poster Webinar Creative Talk (Foto: Dokumentasi panitia)

Di tengah pandemi Covid-19, Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat (HM Humas) mengadakan sesi webinar kewirausahaan pada 14 November 2020 yang bertajuk “Creative Talk: Kreativitas Jiwa Muda dalam Berwirausaha”. Melalui konsep acara Creative Talk, pihak panitia mengemas acara yang digelar via Zoom tersebut dengan mengundang pembicara yang relate dengan mahasiswa. Acara tersebut menghadirkan dua pembicara inspiratif yaitu Rachma Nur Fauziah founder dari Heart Party Decoration dan Yolanda Agatha selaku founder @Salad.nyoo.

Rachma Nur Fauzia menjelaskan mengenai usahanya yang berawal dari sebuah hobi dan bermodalkan Rp. 200.000 hingga kini menjadi vendor dekorasi yang sudah maju di Yogyakarta. Pada awalnya, Rachma memulai dan menggeluti usahanya sejak duduk di bangku kuliah. Rachma memilih usaha jasa dekorasi karena menurutnya usaha tersebut tidak perlu persiapan barang sebelumnya dan hanya memberikan pelayanan jasa sesuai kemauan klien.

“Untuk memulai usaha yang terpenting adalah ciptakan suatu hal yang sedang trend atau baru dan menarik,” tuturnya dalam sesi diskusi ketika menjelaskan cara membaca peluang dalam bisnis.

Di era pandemi seperti ini, tentu Rachma juga harus lebih inovatif, kreatif, dan dapat beradaptasi agar usahanya mampu bertahan. Dengan menentukan segmentasi pasar ke komunitas dan strategi pemasaran dari mulut ke mulut, Rachma lebih mudah untuk menjaring klien.

Meskipun demikian, dibalik suksesnya Heart Party Decoration, Rachma selaku founder sekaligus owner pernah mengalami ups and downs dalam berusaha. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Rachma untuk bisa belajar bertahan dalam mengembangkan usahanya. Rachma juga memberikan tips kepada seluruh peserta untuk selalu berani mencoba dan memanfaatkan peluang yang ada.

Sesi Diskusi Webinar Creative Talk (Foto: Dokumentasi panitia)

Sesi kedua yang diisi oleh Yolanda Agatha selaku founder of @Salad.nyoo tentu tidak kalah menarik. Usaha kuliner milik Yolanda kini sudah tidak asing lagi di telinga mahasiswa Yogyakarta. Di sesi webinar kali ini, Yolanda menjelaskan mengenai perjalanan usahanya. \ Yolanda mengawali usaha untuk bisa bertahan di tanah rantau. Dengan mencoba berbagai jenis usaha, ternyata Yolanda pernah mengalami kegagalan. Namun, berkat keuletan dan jiwa wirausahanya, Yolanda menemukan ide untuk membuat salad buah.

Hingga saat ini, usaha @salad.nyoo telah memiliki 18 cabang yang tersebar di berbagai kota besar seperti Yogyakarta, Solo, Semarang, Klaten, dan Jakarta. Dalam mengelola bisnisnya, Yolanda selalu konsisten terhadap rasa. Yolanda pun menyadari bahwa usaha salad di Yogyakarta juga banyak, tetapi hal tersebut menjadi motivasi untuk mengembangkan inovasi usahanya.

Dalam sesi closing statement, Yolanda memberikan inspirasi ke seluruh peserta bahwa untuk memulai usaha hal yang utama adalah berani mencoba dan pantang menyerah. “Untuk memulai usaha kita harus semangat dan harus berani untuk menghadapi kegagalan,” tuturnya.

Acara webinar tersebut disambut antusias oleh seluruh peserta. Terbukti saat sesi tanya jawab para peserta memberikan berbagai pertanyaan menarik untuk kedua pembicara. Setelah terselenggaranya webinar tersebut, Favian Aura Pratama selaku ketua panitia berharap untuk bisa menumbuhkan jiwa berwirausaha kepada para peserta. 

“Output yang ingin kami capai sebenarnya sederhana. Kami ingin menumbuhkan jiwa berwirausaha kepada para peserta agar berani mengambil inovasi dan melakukan gebrakan yang kreatif. Hal ini diharapkan dapat membantu lingkungannya dari segi ekonomi di masa pandemi Covid-19 saat ini,” jelas Favian saat dihubungi secara daring.  (Ayu Larasati)

Editor: Ayu Fitmanda Wandira

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.