Header Ads

Rendang Udang, Makanan Laut Super Lezat

Rendang Udang (Foto: Laras Dika Youlanda)

Provinsi Sumatera Barat, terkenal dengan orangnya yang suka merantau, kebudayaan yang unik, dan berbagai jenis makanan khasnya selalu menjadi perhatian setiap orang yang mendengarnya. Kali ini kita akan membicarakan makanan yang super lezat dari Suku Minangkabau yaitu rendang. Rendang tepatnya merupakan proses memasak makanan, bukan nama makanan yang spesifik. Memasak rendang biasanya menggunakan bahan baku santan kelapa dan dicampur dengan daging sapi ataupun kambing, ayam, ikan, kerang, udang, telur, umbi-umbian, dan masih banyak lagi olahan yang bisa digunakan. Semua rempah khas Minangkabau dimasak dengan waktu yang cukup lama sekitar tiga hingga empat jam lamanya yang akhirnya membuat santan tersebut mengering dan berubah warna menjadi coklat kehitaman dengan cita rasa pedas.

Lazimnya, orang hanya tahu rendang daging saja, tetapi sebenarnya di beberapa daerah Provinsi Sumatera Barat juga memiliki rendang khasnya tersendiri. Salah satunya adalah rendang udang yang berasal dari pesisir pantai Padang. Rendang udang ini biasanya dicampur dengan pakis yang tumbuh subur saat musim hujan di tanah luas. Sayuran ini memiliki antioksidan seperti Vitamin A dan Vitamin C. Dipercaya mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan sel darah merah, menjaga kesehatan mata, serta dapat menjaga gula darah.  


Proses memasak rendang udang yang dicampur dengan pakis (Foto: Laras Dika Youlanda)

Campuran Pakis dengan bahan utama pembuatan rendang udang yang dimasak hingga mengering sangat lezat apabila dimakan dengan nasi hangat sebagai pelengkap. Bumbu-bumbu alami yang terdapat dalam bahan dasar rendang bersifat sebagai antiseptik dan dapat membunuh bakteri patogen sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pengawet alami. Tidak heran jika rendang dapat bertahan satu hingga empat minggu bahkan ada yang mencapai satu tahun dengan cara menghangatkannya kembali setiap tiga hari sekali saat makan. Mengandung banyak sekali jenis bumbu rempah, rendang menjadi makanan yang memiliki cita rasa unik dan digemari banyak orang.

Biasanya makanan kaya rempah ini dijadikan sebagai hidangan utama saat upacara adat, hari besar, pernikahan, khitanan, dan lainnya. Rendang pun menjadi ikon kuliner Indonesia. Kini juga telah diakui UNESCO sebagai masakan khas nusantara sehingga tidak bisa diklaim oleh negara lain. Belajar dari rendang yang hanya berbekal identitas sebuah bumbu, sebuah negara menjadi dikenal oleh negara-negara lainnya. Apalagi negara tersebut memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi oleh negara lain. Kita ingat saat zaman penjajahan dulu, Indonesia dijajah karena merupakan salah satu negara penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. Semoga rendang membawa lesson learn bahwa di balik kelezatannya ada kedaulatan yang harus terus dijaga. (Laras Dika Youlanda)

Editor: Ayu Fitmanda Wandira

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.