Header Ads

Cenderung Dijadikan Pilihan Kedua, UPN “Veteran” Yogyakarta Tetap Menjadi Rebutan

 

Suasana masa orientasi mahasiswa baru di lapangan UPN "Veteran" Yogyakarta. (Sumber: Adinda Farah)

UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) merupakan salah satu kampus yang menjadi target bagi para calon mahasiswa baru (camaba), baik dari dalam maupun luar daerah. Namun jika melihat realita, banyak dari mereka yang menempatkan UPNVY pada pilihan kedua sehingga tidak menjadi prioritas utama.

Terdapat beragam faktor yang menjadikan kampus kejuangan ini diletakan sebagai pilihan kedua. Salah satunya ialah lingkungan yang terlihat kurang asri. Dengan demikian, membuat UPNVY tidak cukup menarik di mata camaba. Hal ini diungkapkan oleh Roikhatul Jannah, salah satu  Mahasiswi Program Studi Hubungan Masyarakat.

First impression dulu ketika melihat UPN gersang dan engga terlalu suka sama lingkungannya,” ujarnya. Tidak hanya itu, ia juga mendengar jika adanya bentuk senioritas yang tinggi pada kampus ini.

Setelah resmi menjadi mahasiswa UPNVY, pandangannya terhadap kampus tersebut belum banyak berubah karena pemberlakukan kuliah daring selama pandemi. “Karena belum pernah offline, jadi belum tau fakta tentang senioritasnya itu,” tambahnya.

Sama halnya dengan Nada Annisa Salsabila, Mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat tersebut mengatakan bahwa lingkungan UPNVY, terutama kampus dua yang terletak di Babarsari terlihat kumuh dan kusam.

“Karena rumahku cukup dekat dengan UPN (kampus dua), jadi aku sering lewat juga. Melihat dari luar terkesan kumuh dan suram. Tidak tahu karena faktor bangunan yang sudah tua atau kurangnya pembaruan infrastruktur,” ujarnya.

Terlepas dari kekurangan tersebut, mereka merasa bangga menjadi mahasiswa di UPN “Veteran” Yogyakarta karena termasuk kampus terbaik yang ada di Yogyakarta. Dengan mata kuliah dan para pengajar yang asik dan juga jalinan pertemanan yang kuat antar mahasiswa, menjadikan mereka betah untuk menempuh pendidikan di kampus tersebut.

Wike Wijayanti selaku humas dan akademisi UPNVY mengatakan jika jumlah total pendaftar tiap tahun animo selalu meningkat antara 5-10%. Melihat jumlah pendaftar dan yang diterima, menunjukkan bahwa kuantitas dan kualitas pendaftar yang ingin menjadi mahasiswa UPNVY terus meningkat. Menurutnya, UPNVY menjadi pilihan pertama tergantung pada program studi yang dipilih oleh camaba. “Beberapa program studi favorit selalu menjadi pilihan pertama, namun yang lainnya menjadi pilihan kedua,” imbuhnya.

Selain itu, dilansir dari artikel Bisnis.com, Mohammad Irhas Effendi selaku rektor UPN “Veteran” Yogyakarta, mengatakan bahwa mahasiswa baru patut berbangga karena UPNVY adalah kampus yang memiliki jati diri bela negara. Sebuah perguruan tinggi yang didirikan oleh para pejuang veteran karena ingin memberikan sumbangsih bagi dunia pendidikan di Indonesia. (Adinda Farah Ramadhannisa)

 

Editor: Delima Purnamasari


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.