Header Ads

‘Panggung’ Pameran Fotkom 401 Angkatan 18



Kumpulan karya fotografi Fotkom 401 angkatan 18 (Foto: Azura)

SLEMAN, SIKAP
- Fotkom 401 mengadakan pameran dikjut (pendidikan lanjut) yang bertajuk Spread Out The Feelings pada 14, 15, dan 16 Desember. Bertempatkan di Erha Coffee & Literacy, kegiatan pameran berlangsung mulai pukul 19:00 sampai 22:00.
Sebelum melakukan pameran dikjut, 23 pameris harus melalui tahap diksar (pendidikan dasar) terlebih dahulu, dan proses penjurian karya (kurasi) oleh seorang kurator. Setelah mengikuti serangkaian kegiatan dikjut ini, angkatan 18  yang merupakan anggota muda secara resmi menjadi anggota tetap Fotkom 401.
“Mengusung tema ‘ekspresi’, kami mengambil judul Spread Out The Feelings karena di sini kami membagi keresahan, opini, dan perasaan kami yang kemudian diabadikan dalam sebuah bentuk foto,” papar Irkham Adi, ketua acara pameran dikjut.
Pada hari pertama pameran, acara pembuka diisi dengan sajian akustik, kemudian hari kedua dilanjutkan dengan acara sarasehan, dan pada hari ketiga ditutup dengan acara Creative Talk. Untuk acara Creative Talk, Fotkom 401 mengangkat tema ‘foto konsep’ yang menghadirkan Prasetya Yudha sebagai pembicara.
Creative Talk bersama Prasetya Yudha (Foto: Azura)
“Sejarah foto konsep bermula dari adanya gerakan seni pada tahun 60-an yang bernama seni konseptual, kemudian kata ‘foto konsep’ di ranah komunitas fotografi berawal dari gerakan seni konseptual. Dalam seni konseptual, gagasan lebih dipentingkan daripada bentuk atau material karya,” jelas lulusan Fotografi ISI Yogyakarta ini (17/12).
Prasetya Yudha menambahkan, “dalam foto konsep hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari bahasa visual (ide) dan pesan yang hendak disampaikan, setelah itu baru dituangkan dalam wujud foto atau gambar. Hal yang paling sulit dilakukan saat membuat foto dengan konsep adalah bagaimana kita memberi konteks untuk foto yang kita ambil.”
Salah satu pameris, Laras Dika Youlanda mengatakan, “sebelum aku memamerkan kelima karyaku ini, aku sudah berganti konsep sampai 5 kali. Dari konsep ekspresi orang mengenakan hijab sampai ekspresi para difabel, semua sudah pernah aku coba. Untuk karya yang aku pamerkan ini (Life to Eat, Eat for Expression), aku take foto baru h-1 minggu acara pameran. Kesulitan terbesarku adalah karena aku menggunakan properti makanan.”
Selama 3 hari acara berlangsung, sebanyak 182 pengunjung yang terdiri dari komunitas-komunitas fotografi se-DIY dan masyarakat umum menghadiri pameran Fotkom 401 yang bertajuk Spread Out The Feelings. (Azura Aulia Azahra)
Diberdayakan oleh Blogger.