Header Ads

Dies Natalis UPN “Veteran” Yogyakarta ke-60 Tahun



Suasana Sidang Senat Terbuka UPN "Veteran" Yogyakarta. (Foto: Melvindy K.)
Sleman, SIKAP – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) yang genap berusia 60 tahun, pihak universitas  menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat. Acara dilaksanakan pada hari Sabtu (15/12) di Gedung Auditorium UPNVY.
Sidang Terbuka dihadiri oleh Prof. Mohammad Nasir selaku Menteri Riset Teknologi (Menristekdikti) dan Pendidikan Tinggi, Dosen dan Staff UPN "Veteran" Yogyakarta. Selain itu, Ketua dan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas dan Universitas, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), perwakilan mahasiswa, alumni serta para tamu undangan.

Penampilan tari tradisional dari UKM Seni, dilanjutkan dengan atraksi drum band oleh UKM Marching Band, dan diakhiri Paduan Suara Mahasiswa (PSM) dari Vocalista Paradisso membuka acara Sidang Terbuka Senat Universitas.

Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta, Dr. M. Irhas Effendi, menyampaikan laporan mengenai kinerja dan pencapaian yang diraih oleh Universitas selama setahun yang dirangkum dalam Laporan Tahunan Rektor. Dalam laporannya, Irhas mengatakan bahwa antusiasme mahasiswa baru UPNVY 2018/2019 mengalami peningkatan. Melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), nilai rataan UPNVY di bidang soshum meraih peringkat ke-9 dan untuk bidang saintek meraih peringkat ke-11 dari seluruh PTN di Indonesia.

Selain itu, pada tahun 2018, UPNVY berhasil membuka 32 program studi. Diantaranya 1 (satu) program D3, 21 program Sarjana/S1, 9 (sembilan) program Magister/S2, dan 1 (satu) program Doktor/S3.

Berbicara mengenai prestasi, UPNVY mendapatkan juara ke-2 dalam Jambore dan Olimpiade Nasional Bela Negara (JOBN) 2018 yang diikuti oleh 25 PTN dan PTS di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, terdapat 187 mahasiswa yang berprestasi, baik di tingkat nasional atau pun internasional pada tahun 2018. Salah satu penyumbang penghargaan di tingkat internasional adalah PSM Vocalista Paradisso (VP). PSM VP menjadi juara ke-2 di Busan Choral Festival & Competition, Korea Selatan. Sementara itu, di tingkat nasional, beberapa mahasiswa UPNVY meraih juara 1 dalam ajang lomba video pajak yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Pajak DIY. UKM Marching Band, UKM AIESEC, Dojang UPNVY, dan Atlet UPNVY juga turut menorehkan prestasi yang gemilang untuk Universitas.

Dalam bidang kerja sama, selama kurun waktu setahun, UPNVY bekerja sama dalam cakupan nasional mau pun internasional berjumlah 20 buah. Perjanjian kerja sama (MoU) sebanyak 13 buah, antara lain MoU dengan Shandong University, Ningoda University, Universitas Jember, PT. Bukit Asam, dan Universitas José Rizal University Filipina. Sampai hari ini, tercatat 62.396 alumni UPNVY yang tersebar di penjuru Nusantara.

Acara kemudian dilanjut dengan Orasi Ilmiah Menristekdikti, Prof. Mohammad Nasir yang membahas tema ‘Penguatan Karakter Bela Negara Menghadapi Revolusi Industri 4.0’. Nasir menyampaikan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-16 ekonomi di dunia saat ini dengan jumlah angkatan kerja sebanyak 127,2 juta dari total populasi penduduk, yakni 262 juta. Ia optimis Indonesia akan menjadi negara dengan perekonomian terbesar ke-4 pada tahun 2050. Maka dari itu, Ia menekankan kepada mahasiswa agar menyiapkan diri menghadapi revolusi industri 4.0.
Setelah itu, momen membanggakan terjadi saat pemberian penghargaan dari Universitas kepada Prof. Bambang Soeroto atas jasanya yang telah mendirikan dan membesarkan UPNVY sampai sekarang. Penghargaan juga diberikan kepada pencipta lagu dan aransemen “Meraih Bintang” yang merupakan Official Theme Song Asian Games 2018 dari UPNVY.

Pembacaan doa dan harapan menutup serangkaian acara Sidang Terbuka Senat Universitas.

“Harapannya UPNVY menjadi semakin baik kedepannya. Apalagi dengan rektor yang baru, semoga demokrasi kampus dapat dibehani agar suara dari mahasiswa bisa didengar dan segera ditanggapi.” ujar Rafi (18), mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan 2018. (Melvindy Kuswanto)

Editor: Marcelina Mia Amelia.
Diberdayakan oleh Blogger.