Header Ads

Ilmu Komunikasi Selenggarakan Session dalam Rangkaian Reaksi 2018

M. Arief Budiman saat sedang memberikan materi. (Foto: Azura Aulia)
Ruang Seminar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada Sabtu (13/10) lalu menjadi saksi seminar Session yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta. Mengangkat tema “Youth Passion In Digitalized Era”, Session menjadi momen refleksi bagi generasi muda sebagai agen penggerak dan perubahan di era digital saat ini.

Melalui kesempatan ini, Session menghadirkan empat pembicara, yaitu Ranu Prasetyo selaku Marketing & Manager Seller Side Zilingo, Angelo Jesua Resa Putra seorang content creator dan owner Javafoodie, Danang Nur Ikhsan yang berprofesi sebagai wartawan media Solopos, serta M. Arief Budiman selaku chairman dari PT. Petakumpet Yogyakarta.

Dalam sesinya, M. Arief Budiman berbagi tips menggunakan media digital untuk merancang tujuan di masa depan. “Semakin cepat kita menemukan cita-cita dan keinginan kita, maka kegunaan dari era digital ini akan semakin cepat bisa dimanfaatkan. Ketika kita tidak memiliki arah tujuan, kita tidak akan bisa merancang peta perjalanan. Kalau kita tidak memiliki tujuan, kita bisa pergi ke arah manapun yang mana akan menghabiskan banyak waktu, energi, ruang, dan finansial. Generasi muda juga harus pintar dalam mengelola dan menyeleksi informasi yang masuk agar tidak mengalami overload informasi yang bisa menyebabkan stres yang banyak dirasakan generasi muda saat ini,” papar dia. 

Session merupakan mata acara dari rangkaian Reaksi 2018, sebuah kompetisi berbasis bidang konsentrasi di jurusan Ilmu Komunikasi yang diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Reaksi 2018 menghadirkan perlombaan akademis dalam bidang Public Relations, Jurnalistik, Broadcasting, serta Advertising yang dibuka sejak pertengahan Agustus 2018. 

Meskipun perlombaan Reaksi hanya diperuntukan bagi mahasiswa se-DIY saja, namun seminar Session terbuka untuk umum. Sebanyak 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan umum sangat antusias mengikuti serangkaian acara seminar Session.

“Aku tertarik dengan pembicara dari wartawan Solopos, karena aku tertarik dengan jurnalistik dan ingin tahu apa saja yang akan dibahas. Selain itu, aku juga jadi tahu dari narasumber Javafoodie, bahwa ada pekerjaan yang anti mainstream, pekerjaan yang benar-benar mengandalkan kreativitas kita,” ujar Narda Sinambela, salah satu peserta seminar dari Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. 

Narda Sinambela menambahkan, “Semoga ke depannya acara ini bisa terus ada dengan kualitas yang lebih baik. Acara seperti ini sangat bagus untuk kita, terlebih bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi. Acara ini sangat menambah pengetahuan dan wawasanku.”

Rangkaian Reaksi 2018 akan dilanjutkan dengan penjurian tiap karya yang telah dikirimkan. Pengumuman pemenangnya akan dihelat dalam malam puncak Apresiasi pada 27 Oktober mendatang. (Azura Aulia Azahra)

Editor: Lajeng Padmaratri
Diberdayakan oleh Blogger.