Header Ads

Peringati HUT ke-25, FISIP UPN Adakan PIMNAS

Penyerahan hadiah lomba oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FISIP, Asep Saepudin, SIP,M.Si kepada pemenang lomba PIMNAS. (Dokumentasi PIMNAS)
Sleman, SIKAP - Dalam rangka menyambut ulang tahun Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta yang ke-25 tahun serta ulang tahun UPN “Veteran” Yogyakarta yang ke-60 tahun, FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta mengadakan acara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) dengan tema Rukun Agawe Santosa Crah Agawe Bubrah.

Acara ini diadakan pada tanggal 1-5 Oktober 2018 di Kampus Babarsari UPN “Veteran” Yogyakarta. Rangkaian acara PIMNAS terdiri dari lomba infografis dan business plan pada tanggal 1 Oktober 2018, lomba debat pada tanggal 2-3 Oktober 2018, Seminar Nasional tanggal 4 Oktober 2018, dan yang terakhir talkshow dan workshop kewirausahaan bertajuk “KOEFISIEN” pada tanggal 5 Oktober 2018.

Peserta PIMNAS terdiri berbagai kalangan. Untuk kategori lomba, peserta dikhususkan dalam golongan mahasiswa. Lomba debat diikuti 36 tim mahasiswa, business plan diikuti 15 tim mahasiswa, lomba infografis diikuti 15 tim mahasiswa, serta lomba esai yang diikuti 23 peserta. Sedangkan, agenda talkshow diikuti oleh masyarakat umum.

Antusiasme peserta dari berbagai daerah sangat besar. Rangkaian PIMNAS diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Bahkan, peserta terjauh datang dari Universitas Hasanuddin Makassar. Hal ini diakui oleh koordinator acara PIMNAS, Perisma Pertiwi.

“Antusiasme peserta tahun ini sangat besar, karena memang PIMNAS UPN “Veteran” Yogyakarta ini acara untuk menambah pengetahuan baru dan menambah prestasi. Selain itu peserta juga akan menambah banyak relasi yang berguna untuk ke depannya,” ujar mahasiswi Administrasi Bisnis ini.

Tak hanya untuk memperluas relasi, para peserta menjadikan acara PIMNAS ini sebagai ajang untuk mencari ilmu dan beradu prestasi. Hal ini diungkapkan oleh salah satu peserta yang memenangi lomba business plan, Irvan Saputra. Ia mengaku mengikuti acara PIMNAS UPN “Veteran” Yogyakarta ini karena merasa tertantang dengan hal baru.

“Ikut acara PIMNAS ini karena merasa tertantang dengan hal baru yang tidak biasa saya lakukan. Sebelumnya saya sudah mengikuti dua kali lomba business plan namun selalu gagal,” ungkap mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta ini. 

Kegagalan itu membuat Irvan merasa memiliki utang terhadap diri sendiri. “Maka dari itu saya mencoba mengikuti lomba business plan lagi dan saya menargetkan akan masuk sepuluh besar. Namun ternyata saya malah bisa menjadi juara pertama, saya jadi merasa lega karena telah melunasi utang kepada diri sendiri,” tambahnya. (Fajar Isusilaningtyas)

Editor : Lajeng Padmaratri
Diberdayakan oleh Blogger.