Header Ads

Dies Natalis ke-59, UPN Ajak Alumni 'Pulang Kampus'

Salah satu rangkaian Pulang Kampus pada Sabtu (16/12) di Kampus Condongcatur. (Foto: Adi Ihsan)

Sleman, SIKAP - Memasuki usia ke-59, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Yogyakarta mengadakan berbagai rangkaian acara yang dikemas sebagai ajang perhelatan Dies Natalis UPN "Veteran" Yogyakarta. Bahkan, para alumni kembali diundang ke kampus UPN "Veteran" Yogyakarta dalam acara yang bertajuk "Pulang Kampus".

      Agenda Pulang Kampus diadakan selama 4 hari mulai 14 hingga 17 Desember 2017 di Kampus Condongcatur. Dalam kesempatan ini, Ikatan Alumni UPN "Veteran" Yogyakarta (IAUPNVY) diajak merayakan hari jadi Kampus Bela Negara ini.

      Ketua IAUPNVY, Sigit Rahardjo menjelaskan diadakannya kegiatan Pulang Kampus dengan tujuan supaya alumni UPN "Veteran" Yogyakarta pulang ke kampus mereka terdahulu untuk mengikuti serangkaian kegiatan. Beberapa kegiatan yang terselenggara ialah Fun Bike, Fun Run, Fun Walk, donor darah, dan seminar nasional.

      "Hal ini penting, karena untuk menunjukkan UPN punya aktivitas yang positif dan bisa punya hubungan dengan orang luar. Harapannya mahasiswa bisa ikut aktif," ujar Sigit. Meski begitu, ia menyayangkan antusiasme mahasiswa kurang dalam meramaikan acara ini, karena bertepatan dengan masa ujian akhir semester. Selanjutnya, ia menyarankan ada penempatan waktu yang tepat.

      Pulang Kampus merupakan agenda tahunan. Pada tahun ini, Pulang Kampus sudah dipersiapkan sejak 5 bulan lalu. Sigit menambahkan, tujuan kegiatan ini tidak hanya supaya alumni bisa pulang untuk melihat kondisi kampus seperti apa, namun juga bisa berbagi ke mahasiswa melalui diskusi dan seminar.

      "Implementasinya sudah sesuai dengan rencana, meski sebenarnya ekspektasi kami lebih dari ini. Untuk ke depannya akan diperbaiki supaya bisa melibatkan semua lapisan," ujar Sigit.

      Ketua Panitia Acara, Seno Aji menuturkan pelaksanaan acara sudah berjalan lancar sesuai rencana. "Dari awal sampai hari ini sudah berjalan normal. Meski ada kendala soal kesiapan panitia karena komunikasi terbatas, tetapi bisa diatasi. Peserta dari mahasiswa dan dosen sedikit, karena ada ujian. Tetapi untungnya dari masyarakat luar antusiasmenya tinggi," jelasnya.

      Seperti disampaikan oleh Seno, acara ini tidak hanya melibatkan mahasiswa, tetapi juga masyarakat umum. Masyarakat dapat bergabung dengan beberapa kegiatan di antaranya donor darah, Fun Bike, Fun Run, dan Fun Walk.

      Menurut Tresno, salah satu peserta jalan sehat, agenda ini telah dikemas dengan menarik. "Selama pelaksanaannya semua berjalan lancar," pungkasnya. (Irene Oktavia & Adi Ihsanuddin)

Editor: Lajeng Padmaratri
Diberdayakan oleh Blogger.