Header Ads

FOTKOM 401 Mencari Generasi Baru

  
Stand dari KSM Fotkom 401. (Foto: Mardela)


      Yogyakarta, SIKAP - Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Jurusan Ilmu Komunikasi serempak mengadakan open recruitment anggota baru. Salah satunya KSM FOTKOM 401 (Fotografi Komunikasi 401). Pendaftaran anggota baru kali ini hanya diadakan selama 3 hari, mulai tanggal 20-22 November 2017 yang bertempat di Lobby Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta. Untuk menarik mahasiswa agar mendaftar sebagai anggota, stand FOTKOM 401 dihias dengan berbagai properti yang menarik seperti kamera analog, kamera lubang jarum, beberapa foto-foto terbaiknya yang dibingkai, dan terdapat karya anggota FOTKOM 401 yang dibukukan menjadi majalah.

      Hingga hari kedua pembukaan pendaftaran, sudah 15 mahasiswa mendaftar. Pada open recruitment kali ini, panitia menargetkan sebanyak 50 orang anggota baru. Seperti yang diungkapkan Ketua Pelaksana Open Recruitment Syaiful Bachtiar, “Kita sih targetnya sekitar 50 anggota baru,” ucapnya saat ditemui di stand FOTKOM 401. 


      Untuk bergabung di KSM FOTKOM 401 ini tidak terlalu sulit, karena syarat yang harus dipenuhi anggota baru hanya satu, yaitu terdaftar sebagai mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta. "Kalau syaratnya sih nggak ada ya, paling hanya mahasiswa Ilmu Komunikasi, dan ini terbuka untuk semua angkatan jadi gak cuma maba (mahasiswa baru), nggak punya kamera, nggak ada basic foto pun masuk aja nggak apa-apa," tutur mahasiswa yang biasa dipanggil Tiar tersebut.


Properti di Stand Fotkom 401. (Foto: Mardela)
      Banyak mahasiswa yang ingin bergabung dengan FOTKOM 401 untuk belajar tentang fotografi. Seperti yang diungkapkan mahasiswa angkatan 2017 ini. "Yang jelas karena aku suka foto. Jadi aku ambil KSM yang orang-orangnya juga suka foto-foto gitu. Biar bisa saling kasih ilmu gitu dan jadi lebih ngerti cara ngefoto yang nggak asal foto," ungkap Aileen Selvy.

      Sama halnya dengan Selvy, Chairul Iman mahasiswa angkatan 2017 juga menuturkan bahwa Ia memilih KSM FOTKOM 401 karena suka fotografi. "Emang aku sukanya sama fotografi. Foto itu bisa bawa kita ke tempat di mana kita mengambil gambar tersebut. Dan juga karena kurang tertarik dengan KSM lain," ungkapnya.


      Open recruitment tahun ini diharapkan dapat memunculkan generasi baru dalam organisasi FOTKOM 401. "Ya, harapannya bisa bisa regenerasi anggota di FOTKOM biar organisasi ini nggak mati," tutur Tiar. (Tiana Riski)

(Editor: Mufqi Rafif)
Diberdayakan oleh Blogger.