Header Ads

FISIP UPN Adakan Pelatihan Penyusunan Proposal PKM

 
Hempri Suyatno saat menyampaikan materi pada Pelatihan Penyusunan Proposal PKM, Jumat (29/9).


Yogyakarta, SIKAP – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta kembali mengadakan acara untuk seluruh mahasiswa FISIP. Agenda bertajuk Pelatihan Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) itu dilaksanakan di Ruang Seminar FISIP pada Jumat (29/9).

      Acara tersebut berlangsung sejak pagi hari pukul 09.00-11.00 WIB. Pelatihan ini adalah bentuk fasilitasi dari pihak fakultas bagi mahasiswa agar mendapatkan motivasi yang kuat untuk mengajukan proposal PKM. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan informasi maupun tips yang membantu agar proposal mahasiswa dapat diterima.

      Pelatihan Penyusunan Proposal PKM ini menghadirkan pembicara yang berkompeten yakni Hempri Suyatno selaku juri nasional pada penyeleksian proposal PKM dan Dosen Fisipol UGM.

      Acara diawali dengan kata sambutan dari Dekan FISIP UPN “Veteran Yogyakarta, Machya Astuti Dewi. Dalam sambutannya, ia berharap acara pelatihan ini dapat memotivasi mahasiswa untuk mengajukan proposal PKM ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. “Tujuan diadakannya kegiatan ini yakni untuk memperkenalkan PKM kepada mahasiswa, serta memberi pemahaman tentang persyaratan, juga trik-trik yang harus dilakukan dalam penyusunan proposal,” ungkapnya.

      Selama pelatihan, Hempri menyampaikan materi terkait pengenalan mengenai PKM, poin penilaian dalam menyeleksi proposal, dan tips-tips yang bermanfaat demi menambah nilai poin proposal mahasiswa. Ia berpendapat bahwa juri PKM dalam menyeleksi karya mahasiswa lebih mengedepankan ketertiban administrasi dibandingkan substansi penelitian itu sendiri. "Hal ini terjadi lantaran pihak Ristekdikti menginginkan mahasiswa untuk disiplin dan patuh pada hal-hal kecil sekalipun," terangnya.

      Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa FISIP dari berbagai angkatan. Peserta begitu antusias pada acara ini. Salah satunya adalah Elieser Ginting, mahasiswa Hubungan Internasional. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat memotivasi mahasiswa agar mengikuti PKM. “Semoga pada tahun ini UPN dapat menorehkan prestasi dari PKM,” harapnya. (Leo Bisma).

Editor: Lajeng Padmaratri
Diberdayakan oleh Blogger.