Header Ads

Kongres Perdana Asosiasi Televisi Kampus Yogyakarta

Kongres perdana ATKY pada Sabtu (30/09). (Foto: Talitha Ardelia)

Yogyakarta, SIKAP - Asosiasi Televisi Kampus Yogyakarta (ATKY) mengadakan kongres pada Sabtu (30/09). Kongres ATKY ini merupakan kongres perdana yang diadakan untuk membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta pembentukan kepengurusan untuk periode 2017/2018.

      Kongres yang diselenggarakan di Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan ini dihadiri oleh 21 delegasi. Sebanyak 7 dari 8 TV kampus yang telah bergabung dengan ATKY hadir dalam kongres tersebut. Ketujuh TV kampus tersebut terdiri dari UPNTV, SUKATV, UNYTechTV, TVUAD, MMTCTV, UMYTV, dan AKINDOTV. Agenda ini merupakan langkah awal bagi televisi kampus di Yogyakarta untuk membentuk sebuah pondasi sebagai perkumpulan yang resmi.

      Kongres ini terjadi setelah ada perundingan dari perwakilan televisi kampus SUKATV, TVUAD, MMTC yang mengikuti kongres ATKI di Universitas Multimedia Nusantara (UNM) Serpong, Tangerang untuk membangun kembali ATKY. Harapan dari kongres ATKY dapat dijadikan tolok ukur untuk TV kampus di daerah lain untuk turut membuat perkumpulan.

      "Kalau kongres ini berhasil, ATKY akan menjadi yang pertama di Indonesia untuk perkumpulan TV kampus regional dan semoga dapat menstimulus daerah lain," ujar Miftahul Ilmi selaku Ketua Panitia.

      Selain menjadi inisiator dalam pembentukan perkumpulan TV kampus regional, diharapkan ATKY menjadi wadah untuk membangun hubungan baik antar TV kampus.

      "ATKY ini dibentuk untuk mempererat silaturahim antar TV kampus di Jogja," lanjut perwakilan SUKA TV tersebut.

      Salah satu pengisi rangkaian acara kongres ATKY, Supadiyanto, juga mengungkapkan pendapat saat berdialog pada seminar.

      "TV kampus merupakan media penyiaran paling netral, karena mahasiswa tidak mempunyai kepentingan seperti halnya di media penyiaran lain. Hal seperti ini yang akan menjadi kontrol bagi media komersil," ungkap Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID DIY tersebut.

      Para peserta kongres berharap, dengan diadakannya kongres ATKY yang pertama ini dapat menjadikan ATKY lebih konsisten dalam berorganisasi.

      "Semoga setelah kongres ini selesai, ATKY dapat lebih konsisten lagi agar tidak seperti yang dulu-dulu," kata Idhea Cantika Herawati delegasi dari UMYTV. (Tiana Riski)

Editor : Maya Arina P.
Diberdayakan oleh Blogger.