Header Ads

Youth Speak Forum 2017 hadirkan Chelsea Islan

Editor : Kristi Dwi Utami

Youth Speak Forum 2017
Yogyakarta, Sikap - AIESEC Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta mengadakan Youth Speak Forum 2017 di Hotel Horison Ultima Riss, Sabtu (29/04/2017) lalu. Acara tersebut merupakan platfrom bagi para pemuda untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di dunia saat ini. Acara tersebut dihadiri oleh Chelsea Islan, Duta Global Goals Indonesia.


AIESEC merupakan organisasi Internasional yang bergerak dibidang kepemudaan. Orgaisasi ini juga memiliki banyak program yang berskala nasional dan internasional, termasuk Youth Speak Forum. “Youth Speak Forum dicetuskan oleh PBB 2015 lalu.  Bersamaan dengan hal itu PBB juga merilis Sustainable Development Goals, yaitu target yang perlu dicapai pada tahun 2030. Adanya hal tersebut mendorong AIESEC untuk turut serta memberikan kontribusinya,” tutur Ryan Daniel Pakpahan selaku Presiden AIESEC UPNVY.

Dalam acara tersebut, Chelsea Islan juga memaparkan pentingnya peran pemuda Indonesia untuk mencapai Sustainable Development Goals. “Sebagai generasi muda kita harus mampu berkontribusi bagi negara kita,” ungkap Chelsea Islan, salah satu artis yang juga aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial Indonesia. Ia juga berharap dengan adanya Youth Speak Forum ini dapat meningkatkan kesadaran pemuda untuk lebih peduli dan mendukung program-program guna tercapainya Sustainable Development Goals. Dari 17 Goals yang ada Chelsea menyoroti goals nomor 17 yaitu Patnership for the Goals. Menurutnya hal tersebut sangatlah penting, karena dari hal tersebut pemuda harus saling membantu dan bekerjasama untuk mewujudkan Global Goals. “Banyak sekali yang bisa kita lakukan,” tegasnya.
Sesi foto bersama 
Youth Speak Forum 2017 itu menghadirkan beberapa pembicara, yaitu Ardan Widjaja (Assistan Brand Manager of Unilever), Heru Dwiarto (Business Development Manager of Commonwealh), Vania Santoso (UNICEF Indonesia), Tirta Mandira Hudi (CEO Shoes and Care), Sri Sultan Hamengkubawana X yang diwakili oleh Drs. Rahmat M.Pd. (Dinas Pendidikan Yogyakarta) dan Chelsea Islan (Duta Global Goals Indonesia). Hadirnya sosok-sosok hebat ini membuat peserta antusias, salah satunya Delira Kameswara. “Senang sekali rasanya mendapat ilmu-ilmu dari pembicara-pembicara yang keren dan menginspirasi,” terang Delira seusai Youth Speak Forum.

Acara ini ternyata juga mendapat dukungan dari Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Machya Astuti Dewi. “Institusi sangat mendukung terwujudnya Sustainable Development Goals ini karena hal terasebut menyangkut banyak sekali aspek peran pemuda, peran masyarakat, dan juga tidak kalah penting, peran akademisi,” paparnya. Ia juga mengatakan bahwa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sangat mendukung program ini baik internal maupun eksternal institusi.

Youth Speak Forum 2017 juga memberikan wadah bagi para pemuda dalam mengasah skills dan passion mereka agar lebih kritis, peka, dan lebih peduli terhadap masalah sosial yang ada disekitar mereka. Program ini juga memberi kesempatan bagi pemuda dengan ide yang paling menarik dalam mengatasi masalah global untuk mendapatkan kesempatan secara gratis Student Exchange ke Thailand oleh AIESEC Indonesia. (Dwi A. N.)
Diberdayakan oleh Blogger.