Header Ads

KSM Hankam : Wadah Belajar Isu-Isu Pertahanan dan Keamanan

KSM Hankam : Wadah Belajar Isu-Isu Pertahanan dan Keamanan
Salah satu Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) yang terdapat dalam prodi Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional  “Veteran” Yogyakarta adalah KSM Hankam. Dalam KSM Hankam mahasiawa akan  mempelajari isu-isu pertahanan dan keamanan konvensional dan non konvensional baik itu nasional maupun internasional. Hankam juga memiliki komunitas mahasiswa anggota Hankam yang disebut Defensia.

Untuk menunjang mahasiswa menguasai materi-materi tersebut diadakan kegiatan-kegiatan rutin secara tahunan, bulanan dan mingguan. Ratri Prabaningrum salah satu anggota KSM Hankam menjelaskan bahwa kegiatan bulanan meliputi diskusi bulanan, kunjungan ke instansi yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan, pelatihan jurnalistik, pelatihan resolusi dan simulasi konflik bagi anggota internal KSM Hankam.

Diskusi dan pelatihan jurnalistik secara tidak langsung meningkatkan softskill para anggota karena dapat melatih anggota berbicara dan melatih skill menulis. Dalam pelatihan resolusi konflik, para anggota dapat mengetahui penyebab serta cara menyelesaikan konflik dengan baik, kemudian setelah mengetahui apa sebab konflik dan cara penyelesaiannya.

Namun yang utama ialah mahasiswa bisa langsung praktek menjadi salah satu aktor yang sedang dalam konflik dan mencoba menyelesaikan konflik nasional dan internasional dalam kegiatan simulasi resolusi konflik, atau nanti konflik yang sebenarnya.

Banyak hal bermanfaat yang bisa dipelajari dan dilakukan dalam Kelompok Studi Mahasiswa yang saat ini memiliki 28 anggota. Apalagi untuk mahasiswa mahasiswa telah tertarik dan berminat untuk mengembangkan pengetahuan tentang isu-isu pertahanan dan keamanan konvensional dan non konvensional baik nasional mapun internasional.

Lab Hankam lebih mengedepankan kepengembangan kemampuan para anggota. Lab Hankam pun tidak menuntut harus bisa ini dan itu, yang paling penting adalah para anggota  mau berubah menjadi lebih baik.

Tak ketinggalan Hankam juga membangun relasi dengan pihak ekstenal UPN, hal ini dibuktikan dengan program tahunan yang mengadakan seminar nasional dan pelatihan resolusi dan simulasi konflik yang bisa diikuti seluruh mahasiswa UPN maupun non UPN. Eksistensi internal pun dibangun dengan dikusi mingguan dan bedah film oleh anggota.

Selain kegiatan yang berhubungan langsung dengan isu-isu hankam, KSM yang berdiri tahun 2003 ini juga memiliki kegiatan sosial seperti bakti sosial yang terakhir dilaksanakan di Panti Asuhan Nailunnajah, Piyungan, Bantul, Yogyakarta.

Organisasi mahasiswa ini juga  mengambil konsep bermain sambil belajar, jadi suasana yang  ringan dan bermanfaat juga kerap dijumpai dalam KSM ini. Anggota Hankam tentu saja mendapatkan manfaat dengan barbagai kegiatan dari KSM ini baik secara hard skill, soft skill dan kepedulian sosial. KSM Hankam memperlengkapi mahasiswa dengan kegiatan yang bermanfaat dan mendukung perkuliahan pada prodi Hubungan Internasional. (Maya Arina P)
Diberdayakan oleh Blogger.