Header Ads

Belajar Berbudaya dan Berbahasa, INTERNATIONAL COMMUNITY (IC)

Ilustrasi International Community
International Community (IC) adalah salah satu Kajian Studi Mahasiswa (KSM) di Ilmu Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UPN Veteran Yogyakarta. Di tahun 2009 salah satu dosen HI Hikmatul Akbar atau yang sering disebut Pak Kiki melihat potensi yang bagus dalam bidang bahasa inggris. Dosen ini mengajak mahasiswanya membuat salah satu KSM yang khusus melatih dalam bidang debate dan speech. Organisasi Kemahasiswaan ini turut berkembang seiring banyaknya mahasiswa yang mengikuti lomba debate yang sering menjadi perwakilan UPNVYK.

Selain melatih bahasa asing, IC juga sering berdiskusi mengenai budaya dalam dan luar negeri. Melalui banyak program kerja di harapkan IC menjadi salah satu KSM yang semakin diminati oleh kalangan mahasiswa, khususnya Prodi Ilmu Hubungan Internasional. Setidaknya ada delapan divisi penting yang ada di IC, yaitu Internal, Language Tutor, Debate Training, Diskusi Presentasi, Movie Geek, Buddy atau Charity, Internalisation dan Medsos-eksternal.

Divisi Internal sering juga disebut dengan Thor, segala urusan mengenai Chamber. Chamber adalah sebutan untuk ruangan atau basecamp IC. Sedangkan Language Tutor mengurusi segalanya tentang bahasa. Menentukan bahasa yang akan dipelajari, mempersiapkan tutor, menentukan waktu dan target. Ada juga divisi Debate Training, yang mengurusi segala sesuatu mengenai debate. Sedangkan diskusi presentasi mengurusi segala sesuatu mengenai diskusi presentasi. Movie Geek mengurusi tentang diskusi film yang akan didiskusikan bersama.

Nah, adalagi divisi lain, yaitu Buddy. Dimana Buddy mengurusi tentang Charity seperti BSBI, dan Icamp. BSBI sendiri adalah beasiswa seni dan budaya Indonesia yaitu beasiswa bagi mahasiswa luar negri untuk belajar diluar negri dengan dukungan dari kementrian luar negri (kemenlu). Kemenlu mempercayakan program ini kepada beberapa universitas, salah satunya UPN V YK. Icamp itu seperti pengkaderan untuk merekrut anggota baru IC serta malam keakraban IC.

Internalisasi lebih memegang segala sesuatu mengenai segala jurusan yang berhubungan dengan kehumasan. Yang terkahir adalah Medsos-eksternal, yang memgang segala sesuatu tentang media sosial seperti Line, Facebook dan Twitter. Selain itu juga mengurus segala keperluan pembuatan mading poster dll.

IC juga memiliki program kerja mingguan dan tahunan. Diskusi presentasi, Debate Training, Movie Geek dan Internalisasi adalah program kerja mingguan yang diadakan IC. Dalam semua kegiatan diskusi dan debate seluruhnya menggunakan bahasa inggris dan tentunya lebih membahas tentang culture-language. Kecuali dalam pemutaran film yang akan didiskusikan tidak harus menggunakan bahasa inggris, namun diskusi tetap harus menggunaka bahasa inggris. Sedangkan program kerja internalisasi ini mungkin sedikit berbeda, yaitu diskusi bersama dosen, diprogram ini lah para member IC melatih bahasa inggris secara berkala. Karena diharapkan dengan program ini seluruh member IC fasih dan mahir dalam bidang bahasa inggris.

Untuk program tahunan, IC mengadakan Charity, Icamp, Diskusi, Workshop dan Language tutor. Charity itu lebih ke program peduli sosial seperti membagi-bagikan makanan di jalanan, menyumbang ke panti asuhan atau panti lainnya. Kalau Icamp sendiri sudah di jelaskan yaitu mengurusi tentang pengkaderan. Kalau diskusi bisa dibuat diskusi kecil maupun besar atau bisa jadi diskusi kecil dan besar, tergantung pengisi materi. dan acara paling besar dalam IC yaitu Workshop yang membahas tentang schoolarsip dari suatu negara secara tuntas dari caranya, tips and trick, buat CV, surat rekomendasi dan Retro.

Semua program kerja terbuka untuk umum kecuali language tutor karena kondisional, internalisasi dan Icamp (pengkaderan). Dari itu semua jelas sudah IC memang berbeda dari KSM lain, dari divisi dan program kerja yang lebih memmbahas tentang budaya dan bahasa. IC juga lebih fleksibel dalam diskusi-diskusinya. Dan terkadang IC mengangkat tema-tema yang ringan agar diskusi tidak terlalu serius dan lebih santai, contohnya seperti pemutaran film. Yang terpenting adalah informasi tetap harus didapat di setiap diskusinya.

Syarat untuk masuk IC ialah mahasiswa aktif UPN V YK diutamakan prodi Hubungan Internasional. Memiliki passion dalam bidang bahasa asing dan budaya. Mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris. Dan yang peling penting adalah mampu bekerjasama dalam tim. Bahasa inggris adalah modal dasar untuk bisa maju bersama IC, dan kemauan untuk diasah dan dilatih terus menerus serta kemauan untuk belajar bahasa asing.


Untuk mahasiswa UPN V YK khususnya program studi Ilmu Hubungan Internasional yang memiliki ketertarikan dalam bidang budaya dan bahasa bisa join KSM IC atau International Community bisa langsung cek di @ic_upenvy untuk Twitter, International Community untuk Facebook, dan  terakhir line @rhz3067. (Ezza Nur Anisa)
Diberdayakan oleh Blogger.