Header Ads

CRAST, Smart People Think Differently

CRAST, Smart People Think Differently
Dunia penyiaran di Indonesia, terutama radio merupakan dunia yang cukup banyak di gandrungi oleh generasi muda. Hal ini disebabkan dari keuntungan-keuntungan yang di dapat oleh seorang penyiar radio. Menjadi seorang penyiar radio, akan mendapatkan wawasan yang luas juga mudah mendapatkan teman baru. Selain itu penyiar radio dapat sekaligus menjadi presenter atau Master Ceremony  yang handal, menjadi seorang Public Relation, penata musik dan programmer.

Tidak ketinggalan juga, banyak orang sukses di Indonesia yang mengawali karirnya sebagai penyiar radio. Beberapa di antaranya adalah Denny Chandra, Anindyo Baskoro (Nino RAN), Nico Siahaan dan Didiet Maulana. Mayoritas Mereka menjadi seorang entertainer sekarang dan pengalaman berbicara di dapat saat menjadi seorang penyiar radio.

Dengan banyaknya manfaat radio, kini radio telah memasuki ranah pendidikan yaitu dengan adanya radio komunitas. Tentu saja hal ini di manfaatkan oleh universitas-universitas yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah CRAST FM ( Communication Radio Station) lahir di kampus komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, yang di dirikan pada tanggal 14 Mei 2003. Radio ini di gunakan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk melatih dan mempraktikan teori perkuliahan khususnya materi broadcast dan jurnalistik.

CRAST ber-tagline 107,8 FM smart people think differently ini membagi siarannya menjadi on air dan off air. Untuk acara on air disiarkan dari hari Senin sampai Jumat pukul 08.00- 15.00, beberapa acaranya adalah Morning Sunshine, Crast Brunch, Traffic Zone, Crome dan Ngobras. Konten-konten siaran terdiri dari berita, chart musik dan talk show. Sedangkan acara off air, biasanya dengan mengadakan event seperti seminar dan melakukan kerjasama dengan pihak-pihak eksternal.

Bagi mahasiswa yang tergabung di dalam CRAST akan mendapatkan pelatihan-pelatihan dasar, mengenai dasar-dasar siaran lengkap. Biasanya pelatihan di berikan oleh tim Program Director, Creatif Director, dan Music Director. Putri Andhika sebagai HUMAS juga menuturkan bahwa dengan bergabung di CRAST kita dapat meningkatkan softskill, membangun rasa percaya diri dan belajar berorganisasi. Hal tersebut dapat di jadikan modal agar bisa bekerja dengan baik.


CRAST juga memiliki prestasi diantaranya adalah Role of Public Relation in Hospitallity Bussines 2014, Word of Branding 2015, mengadakan Dream Catcher “Muda Sejuta Karya” 2015 dan festival anak kartini 2015. Salah satu anggota CRAST berharap agar kedepannya CRAST bisa di dengar oleh semua khalayak, dengan cara memperluas jangkauan siarannya dan menjadi radio komunitas favorit. (Widya Iga Kusuma)
Diberdayakan oleh Blogger.