Header Ads

Mubes Himakom Ditunda

Suasana Mubes Himakom

Yogyakarta, SIKAP - Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) terpaksa harus menunda Musyawarah Besar (Mubes) pada Sabtu, 5 Maret 2016. Ini adalah kali kedua mubes ditunda lantaran belum adanya calon ketua terpilih untuk periode selanjutnya, mengacu pada salah satu syarat utama mubes yang harus dihadiri ketua dari periode sebelumnya dan ketua terpilih periode selanjutnya.

Jadwal mubes yang seharusnya dilaksanakan pada pukul 12.30 WIB baru dapat dimulai pada pukul 15.00 WIB lantaran menunggu perwakilan pihak-pihak lain yang terikat dengan mubes. Carut marut mubes memang sudah terjadi dari mubes sebelumnya. Mubes pertama pada tanggal 27 Februari 2016 lalu terpaksa diundur karena calon ketua dari angkatan 2013 yang diajukan tidak memenuhi persyaratan administratif yaitu IPK minimal 3,00 sehingga mau tidak mau harus mengajukan calon lain yang memenuhi persyaratan. “Kalau untuk syarat IPK minimal 3,00 itu sudah mutlak, tidak bisa ditawar lagi,” ucap Arkhanudin Nurrohman, Ketua Panitia Pemilihan Independent Komunikasi (PPIKOM).

Pada akhir mubes 27 Februari lalu telah disepakati beberapa poin penting, salah satunya adalah angkatan 2013 harus mengirimkan calon yang memenuhi syarat selambat-lambatnya hari Kamis tanggal 3 Maret 2016 pukul 09.00 WIB. Apabila tidak ada calon dari angkatan 2013 maka tonggak kepemimpinan Himakom akan diserahkan kepada angkatan 2014. Hingga waktu yang telah ditentukan, angkatan 2013 belum juga mengirimkan calonnya, untuk itu angkatan 2014 yang akhirnya harus mengambil sikap.

Kata sepakat memang belum terjadi, namun angkatan 2014 telah membawa calonnya ke mubes. Calon yang diajukan pada mubes kedua ini dinilai belum sah. Calon yang dibawa ke dalam mubes seharusnya merupakan calon terpilih yang telah melalui tiga prosedur yaitu pendaftaran, orasi dan pemilu.

Ketua Himakom periode sebelumya, Kun Prayogie mengatakan bahwa pada hari jumat malam telah diadakan pertemuan antara Himakom, PPIKOM, perwakilan KSM dan angkatan 2014 untuk membahas calon Ketua Himakom. “Diskusinya masih sangat alot dan belum mencapai kata sepakat, sehingga saya memutuskan untuk menggunakan mubes hari ini untuk menentukan calonnya dulu saja,” ungkap Kun. Akhirnya, pada mubes Sabtu, 5 Maret 2016, telah diputuskan bahwa ada dua calon dari angkatan 2014 yang akan bersaing dalam pemilu yaitu Muhammad Khanif dan Junidio Samuel.

Menanggapi keputusan yang telah disepakati, Arkhanudin berujar bahwa orasi, pemilu dan mubes akan dilaksanakan dalam dua atau tiga minggu kedepan.“Tidak hanya kesiapan calon, kesiapan dari berbagai pihak juga diperlukan agar mubes yang akan datang dapat terlaksana dengan lebih baik dan tidak ada penundaan-penundaan selanjutnya,” pungkas Arkhanudin. (Kristi Utami)
Diberdayakan oleh Blogger.