Header Ads

Mahasiswa Komunikasi Telah Tentukan Komandan Baru Himakom

Foto Situasi Pemilihan. (Sumber: Panitia PIKOM)

Chandra Raihandharta atau yang kerap disapa Arey berhasil terpilih sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Himakom) UPN "Veteran" Yogyakarta periode 2022/2023. Arey terpilih sebagai kahim melalui pemungutan suara yang diselenggarakan oleh Panitia Pemilihan Independen Komunikasi (PIKOM) pada Senin, (25/11/2022) di Sporthall Gatot Subroto. 

Arey memperoleh 160 suara dari hasil rekapitulasi yang diumumkan oleh pihak PIKOM melalui akun Instagram resmi Himakom. Jumlah ini terpaut 63 suara dari pesaingnya, yaitu M. Faishal Abiyyu yang memperoleh 97 suara. Sementara angka golput pada pemungutan suara PIKOM menyentuh angka 558 suara.

Ketua Panitia PIKOM 2022, Azizul Achmad menyayangkan adanya angka golput yang tinggi pada PIKOM tahun ini. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh banyaknya Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi yang tidak memiliki kesadaran untuk menggunakan hak suaranya dengan baik. Baginya, hal ini akan memberikan dampak kepada Himakom dan Jurusan Ilmu Komunikasi ke depannya.

Rangkaian PIKOM sendiri diawali dengan pendaftaran calon ketua himpunan (cakahim) pada Senin (14/11) hingga Rabu (16/11). Kemudian, orasi cakahim pada Senin (21/11) dan kampanye pada Selasa (22/11) hingga Rabu (23/11). Lalu diakhiri dengan serah terima jabatan yang akan diselenggarakan pada Minggu (18/12/2022) mendatang.

Chandra Raihandharta sebagai kahim terpilih periode 2022/2023. (Sumber: Instagram @himakomupnyk)

Azizul Achmad juga menuturkan bahwa kendala utama yang dialami oleh para panitia PIKOM adalah lokasi pemungutan suara. Seharusnya kegiatan ini bertempat di Sekretariat Himakom. Namun, harus berpindah ke Sporthall Gatot Subroto karena hujan deras. Selebihnya, ia memberikan apresiasi kepada para panitia PIKOM karena telah bekerja keras dan meminimalisir kesalahan pada hari rangkaian pemungutan suara.

Sebagai kahim terpilih, Arey memiliki visi untuk menjadikan Himakom sebagai ruang bersinergi bagi seluruh elemen Ilmu Komunikasi demi mewujudkan satu dalam kebersamaan. Ia juga membawa misi untuk menjunjung profesionalitas, memaksimalkan tugas pokok dan fungsi Himakom, serta menjaga relasi yang baik dengan berbagai pihak. Dirinya juga tidak lupa untuk mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang telah mempercayainya untuk menjadi kahim.

Arey mengaku tidak pernah terbersit pikiran untuk menjadi seorang kahim sebelumnya. “Engga pernah nyangka bakal jadi seorang kahim. Jalanin aja dan tiba-tiba sudah sampai di titik ini," tutur Arey saat diwawancarai pada Senin, (28/11/2022). Ia juga menambahkan bahwa tujuan dan alasan utamanya ketika pertama kali bergabung dengan Himakom adalah mencari relasi yang bagus dan pengalaman berorganisasi, 

Ada harapan-harapan mahasiswa Ilmu Komunikasi bagi kahim terpilih. Salah satunya adalah Affarel. Ia ingin kahim yang baru mampu memberikan kejayaan dan kesejahteraan bagi seluruh elemen Ilmu Komunikasi serta mampu menjadi pemimpin yang berwibawa dan bertanggung jawab. 

"Semoga ketua himpunan yang baru bisa mewujudkan harapan-harapan yang positif di dalam Ilmu Komunikasi. Saya yakin Ketua Himpunan yang baru memiliki kualitas yang mampu bersinergi untuk membangun Ilkom dan Fisip," ungkap Affarel.

Sementara M. Taufiq Budiman selaku kahim periode 2021/2022 berharap kahim terpilih  dapat melanjutkan roda kepengurusan. Selain itu, turut menjaga kekeluargaan di Himakom dengan baik.

“Aku mau minta tolong untuk terus bisa melanjutkan roda kepengurusan dan kekeluargaan di Himakom. Hal ini dengan berlandaskan pola pikir dan tema besar komunikasi,” tutur Taufiq saat diwawancari pada Selasa (28/11/2022).

Taufiq juga berpesan untuk memperbaiki program kerja yang belum maksimal di periode sebelumnya dan menciptakan terobosan program kerja yang baru. Taufiq  menambahkan agar kahim terbaru mampu untuk mengubah pola pikir dan mental para pengurus Himakom diranah kerja. (Moreno Fabian)

 

Editor: Lailatul Fadhilah Jamil



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.