Header Ads

Upayakan Konservasi Sungai Oyo, Mahasiswa Ilmu Tanah Lakukan Aksi Tanam Pohon


Penanaman pohon oleh relawan HIMITA Dedication 2022. (Sumber: HIMITA)

Mahasiswa Ilmu Tanah UPN “Veteran” Yogyakarta melakukan aksi tanam pohon di bantaran Sungai Oyo pada Minggu (2/10/2022) lalu. Upaya konservasi ini merupakan rangkaian kegiatan HIMITA Dedication 2022.

Himita Dedication 2022 merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah (HIMITA) UPN “Veteran” Yogyakarta. Pada tahun ini, mengusung tema “Optimalisasi Pengelolaan Lingkungan”. Acara turut diikuti kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah organik rumah tangga di Dusun Lanteng 2, Selopamioro, Imogiri, Bantul.

“Sungai Oyo sering kali terjadi banjir apabila memasuki musim hujan. Dengan penanaman pohon yang dilakukan oleh HIMITA, semoga dapat membantu penanggulangan banjir nantinya,” tutur Kepala Dusun Lanteng 2, Timbul.

Terdapat 250 bibit yang ditanam. Terdiri dari pohon gayam, akasia, dan aren. Bibit ini merupakan kerjasama antara HIMITA bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL).

Pengambilan bibit pohon di BPDASHL. (Sumber: HIMITA)

Acara penanaman pohon dihadiri oleh berbagai pihak. Mulai dari Timbul selaku Kepala Dusun Lanteng 2, Eko Amiadji Julianto selaku Kaprodi Ilmu Tanah, perwakilan masyarakat sekitar, dan 50 relawan mahasiswa Ilmu Tanah. 

Kegiatan penanaman diawali dengan penyerahan secara simbolis bibit pohon kepada Dusun Lanteng 2 di Balai Desa Selopamioro. Selanjutnya, semua relawan yang dibagi beberapa kelompok pergi ke bantaran Sungai Oyo untuk menanam pohon.

Pohon ditanam sepanjang kurang lebih 200 meter di bantaran Sungai Oyo. Acara diselingi dengan foto bersama dan pembuatan konten di media sosial oleh para peserta.

“Mungkin dampaknya tidak dapat dirasakan secara langsung, tetapi dalam 10 atau 20 tahun ke depan pasti akan terlihat manfaatnya,” jelas Timbul. Aksi penanaman pohon ini diakhiri dengan foto bersama oleh relawan di Sungai Oyo. (Dewi Madu)

 

Editor: Delima Purnamasari

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.