Header Ads

Tiga Rekomendasi Proker KKN dari Angkatan 77 UPNVY

Tim Suarasikap telah mengumpulkan proposal dan LPJ KKN angkatan 77. Selanjutnya, kami menganalisis program yang paling banyak dipilih. Di antara puluhan program yang berjalan selama program KKN, terdapat tiga program menarik yang bisa jadi rekomendasi, di antaranya sebagai berikut:

·         Sosialisasi Bela Negara (Kelompok 5)

(Sumber: Instagram.com/kkn77.bendungan)

Program sosialisasi bela negara merupakan kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pemberian edukasi terkait nilai-nilai bela negara. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2022, bertepatan dengan Hari Lahirnya Pancasila. Di sini Komunitas Pemuda Dusun Bendungan menjadi pesertanya. Sosialisasi berlangsung selama kurang lebih dua jam berlokasi di Area Ping Pong Dusun Bendungan, Sumberharjo, Prambanan.

“Selain menjadi salah satu program wajib dari kampus, saya rasa bela negara penting untuk disampaikan. Dengan begitu, ilmu yang telah kita terima dari kampus tersalurkan kepada masyarakat luas,” ucap Evan sebagai penanggung jawab program.

Selama sosialisasi berlangsung, pemilihan materi yang disampaikan disesuaikan dengan penonton. Materi sosialisasi menekankan bahwa bela negara tidak hanya mengikuti wajib militer saja. Namun, bagaimana masyarakat bisa menjalankan bela negara dalam kehidupan sehari-hari.

Selain materi yang disampaikan melalui pemaparan, para peserta juga diajak menonton tayangan video dari Direktur Bela Negara, Brigjen TNI Jubel Levianto. Dengan diberikannya video diharapkan para pemuda ini dapat menyebarkan kembali terkait urgensi pemahaman bela negara.

·         Pelatihan Batik Ecoprint (Kelompok 14)

(Sumber: Mutya Hafadza Haya Syahrial)

Batik ecoprint merupakan salah satu jenis batik yang metode pembuatannya memanfaatkan pewarna alami dari zat tanin pada tumbuhan. Tanin sendiri merupakan zat warna alami yang dapat ditemui pada daun, akar, dan batang tumbuhan. Potongan bagian tumbuhan tersebut kemudian diletakkan diatas kain dan direbus

Pelatihan batik ecoprint ini menjadi solusi dari keluhan warga yang ingin membuat batik tapi minim biaya. Ditambah setelah dilakukan riset ditemukan bahwa daerah Jetis dipenuhi oleh pohon jati yang daunnya dapat dimanfaatkan sebagai pewarna dalam pembuatan batik.

Program ini dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2022 bertempat di Balai Padukuhan Jetis. Peserta pelatihan batik ecoprint adalah ibu-ibu PKK serta terdapat anak-anak usia 9-10 tahun yang ikut meramaikan.

Teknik yang dipilih dalam pelatihan adalah teknik pounding/menumbuk. Setelah cetakan diletakkan di atas kain putih cetakan ditumbuk-tumbuk selama beberapa menit agar warna bisa menyerap.

“Proses penumbukan dilakukan di atas keramik langsung, lalu tanpa diduga ada keramik yang retak karena mungkin ibunya menumbuk terlalu kuat. Untungnya ibu dukuh nya santai karena kebetulan ikut juga dalam program pelatihan,” papar Tya.

Setelah proses penumbukan kain direndam dengan air tawas agar warna menyerap. Lalu, kain dianginkan agar kering sebelum dicuci dengan detergen. Hasil dari pelatihan ini adalah sapu tangan dari kain berukuran sapu tangan dari kain ukuran 25 x 25 cm dan samping dari kain ukuran 1,8 m x 10 cm.

·       
 
Pembuatan Video Promo Wisata Selopamioro Adventure Park (Kelompok 14)


(Sumber: Antonius Sandi Bimantoro)

Selopamioro Adventure Park (Spark) terletak di Kelurahan Selopamioro, Imogiri. Wisata Spark ini menjadi salah satu andalan bagi warga dan pemangku kepentingan daerah setempat.

“Saat kami survei ke sana dan bertanya kepada pengelola ternyata salah satu kendalanya adalah promosi. Kebetulan aku sendiri sering berkecimpung di bagian produksi media. Jadi ya, kenapa tak sekalian saja buat video promosi instagram reels & tiktok?” ucap Bimo.

Proses pengambilan video ini memakan waktu selama dua hari. Sedangkan proses pengeditan, sekitar satu minggu.

“Saat pengambilan video air sungai keruh kecoklatan sehingga kurang bagus untuk visual padahal normalnya air berwarna bening kehijauan. Alamnya juga bagus meski beberapa spot kurang rapi sehingga membuat agak susah mengambil angel yang pas,” papar Bimo. Untuk hasil akhir video dapat dilihat di instagram @selopamioroadventurepark dan tiktok @selopamioro_adventure

Itu lah tiga program KKN teratas versi Suarasikap, kami yakin tidak ada program KKN yang baik dan buruk. Semua program KKN baik apabila membantu masyarakat meningkatkan taraf hidupnya. Salam Pengabdian! (Muhamad Sunendra)


Editor: Syiva PBA

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.