Header Ads

Padmanaba Gelar Rangkaian Kegiatan Sosial Melalui PSW 2022

 

Sambutan Ketua PSW 2022. (Sumber: Maria)

Yogyakarta, SIKAP - SMA Negeri 3 Yogyakarta atau akrab disebut “Padmanaba” kembali menggelar kegiatan dalam bidang kemanusiaan bertajuk “Padmanaba Social Week 2022” atau PSW, pada Sabtu hingga Minggu, 26-27 Maret 2022 lalu. Acara terdiri dari berbagai kegiatan, seperti donor darah, Funwalk, Tryout bagi siswa kelas 9 SMP, dan aksi donasi ke panti. Membawa tema “Wondrous” yang bermakna menakjubkan, acara ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Muhammad Farrel Sarastra selaku Ketua PSW mengaku senang karena acara dapat berjalan dengan lancar. Ia menjelaskan bahwa antusiasme peserta juga luar biasa. Ini ditunjukan dari kuota Tryout secara daring maupun luring yang dapat terpenuhi.

“Jumlah peserta berhasil memenuhi target. Sebanyak 350 peserta luring dan 130 peserta daring. Sebanyak 95% peserta yang mendaftar secara luring juga hadir di sini,” jelas Farrel.

Dirinya menjelaskan jika banyak permintaan untuk mengadakan Tryout secara daring. Terlebih, bagi peserta yang berasal dari luar kota maupun terkendala untuk datang secara langsung. Karena itu, panitia membuat skema Tryout secara campuran.

Para peserta yang hadir secara langsung diperbolehkan mengikuti Tryout dengan menaati protokol kesehatan. Mulai dari sudah mendapatkan vaksin kedua, memindai kode QR menggunakan aplikasi PeduliLindungi, mencuci tangan sebelum memasuki area, menggunakan masker, hingga menjaga jarak selama acara berlangsung.

Wakil Kepala SMA Negeri 3 Yogyakarta menuturkan Tryout ini adalah wujud kontribusi Padmanaba untuk membekali siswa kelas 9 SMP dalam menghadapi Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD). Dengan demikian, para peserta lebih siap dan bisa diterima di sekolah favoritnya.

Panitia memberikan materi dalam kampanye "Anti Nyontek". (Sumber: Maria)

Panitia juga memberikan materi yang dirangkum dalam kampanye “Anti Nyontek”.  Hal ini bertujuan untuk memotivasi siswa agar berperilaku jujur selama menghadapi ASPD.

“Awalnya tahu acara ini karena diberitahu teman. Lalu sempat lihat posternya di akun Instagram @eventpadz. Posternya juga menarik karena bertema sihir yang identik dengan tokoh Harry Potter. Saya juga berminat untuk masuk ke Padmanaba. Jadi, tertarik untuk ikut Tryout ini,” tutur Gendis sebagai salah satu peserta Tryout dari SMP Negeri 2 Yogyakarta.

Hal serupa juga dituturkan oleh Rafi, salah satu peserta Tryout dari SMP Islam Al-Azhar 26 Yogya. Baginya, soal yang diberikan cukup berbobot dan memacu nalar kritis para peserta. Menurutnya, soal yang diberikan juga tidak jauh berbeda dengan persiapan ASPD sebelumnya. (Maria Sekaringtyas)

 

Editor: Delima Purnamasari

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.