Header Ads

Creative Talk POTRET #2 Berikan Strategi Membangun Citra Diri Melalui Fotografi

 

Pemaparan materi personal branding oleh Dian Rockmad. (Sumber: Panitia Acara)

Yogyakarta, SIKAP - FOTKOM 401 UPN “Veteran” Yogyakarta mengadakan acara Creative Talk bertema POTRET #2: “How to Build Your Personal Branding on Social Media with Photography”, Sabtu (26/03/2022). Acara tersebut dilaksanakan secara virtual melalui platform Zoom Meeting dengan menghadirkan Dian Rockmad sebagai pembicara. Ia adalah seorang digital creator, fotografer, sekaligus videografer profesional.

Creative Talk ini merupakan salah satu rangkaian acara untuk merayakan ulang tahun FOTKOM 401 ke-21. Acara tersebut mengusung tema “21 in 22” dengan Crative Talk sebagai agenda pre-event dan pameran fotografi pada April mendatang sebagai agenda main-event

Rafli Syaugi Gegana selaku ketua pelaksana menyampaikan tema ini diambil lantaran sosial media khususnya Instagram bisa digunakan untuk membangun identitas seseorang. Proses membentuk citra diri yang keren di Instagram tentu membutuhkan cara dan strategi. Oleh karena itu, Creative Talk hadir sebagai wadah untuk saling belajar, tambahnya.

Dian Rockmad dengan salah seorang penanya. (Sumber: Panitia Acara)

Dalam pemaparannya, Dian Rockmad menyinggung pentingnya citra diri di era sekarang. “Indonesia itu urutan nomor sembilan sebagai negara paling sering memakai internet. Karena itu, tantangan zaman sekarang adalah short attention span. Kita butuh personal branding untuk bisa stand out dari para konten kreator yang semakin banyak jumlahnya,” papar Dian.

Personal branding pada pembahasan Creative Talk berfokus pada penggunaan fotografi sebagai pembentuk karakter diri. Di sini Dian memberikan berbagai contoh foto di media sosial dan persepsi yang timbul dari audience jika foto tersebut diunggah secara terus menerus. 

“Saya juga pernah sering gonta-ganti genre dalam fotografi. Ini adalah salah satu cara untuk mencari jati diri. Nah, teman-teman bisa mulai dari apa yang teman-teman suka terlebih dahulu, tidak harus melulu mengikuti trend, ungkapnya.

Dian juga membagikan langkah-langkah dalam membangun citra diri melalui fotografi. Pertama, mengenali diri sendiri. Seseorang harus menentukan target jangka panjang ketika melakukan personal branding melalui sosial media. Langkah kedua adalah menentukan selling point yang unik dari diri sendiri. Seseorang tidak perlu membangun identitas yang muluk-muluk melalui fotografi, tetapi harus menyesuaikan dengan kemampuan dan keunikan diri. Lalu yang ketiga, menentukan target audience. Seseorang harus bisa menentukan audience yang ingin dijadikan target. Lalu yang terakhir adalah menjalin relasi. Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti komunitas atau menjalin relasi dengan klien.

Setelah acara berakhir, Rafli merasa bersyukur karena acara berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh banyak peserta. “Saya harap para peserta yang telah mengikuti acara dapat membangun personal branding-nya masing-masing di media sosial,” ucap Rafli sekaligus menutup sesi wawancara. (Yuslin Aprilia)


Editor: Dias Nurul Fajriani


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.