Header Ads

Tutup Rangkaian Acara VIP, BEM KM Gelar Veteran Festival

Penampilan The Overtunes di Veteran Festival. (Dokumentasi Panitia)

Yogyakarta, SIKAP - Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) UPN “Veteran” Yogyakarta gelar kegiatan Veteran Festival, Sabtu (11/12/2021). Acara ini merupakan puncak dari Veteran Intergrated Parade (VIP) yang terdiri dari lima progam. Mulai dari Veteran Leadership Forum, Veteran Art, Veteran Sport Weeks, Veteran Reasearch and Development, dan Veteran Festival sebagai penutup.

Pada tahun ini, Veteran Festival dilaksanakan secara daring dan luring. Acara dapat dilihat secara langsung di lapangan belakang rektorat UPN “Veteran” Yogyakarta ataupun ditonton melalui siaran akun YouTube Veteran Integrated Parade UPNVYK.

“Veteran Festival telah diselenggarakan sejak tahun 2019. Acara ini pada mulanya diadakan secara luring. Lalu di tahun 2020 karena adanya pandemi, acara digelar secara daring. Pada tahun ini, kita mencoba untuk bertransisi,” ungkap penyelenggara program kerja VIP, Fardhan Nauval Akbar.

Menteri Pengembangan Potensi dan Karya Mahasiswa BEM KM periode 2020/2021 tersebut juga menjelaskan bahwa acara ini merupakan kolaborasi dari berbagai elemen. Baik itu Organisasi Kemahasiswaan (OK) maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Beberapa UKM yang tampil, seperti tari tradisional, karawitan, dan musikalisasi puisi. Di samping itu, terdapat penampilan grup musik dari beberapa fakultas di UPNVY. Acara juga diselingi dengan pengumuman pemenang lomba yang diadakan VIP dan penutupan kepengurusan BEM KM UPNVY periode 2020/2021. Sedangkan pada puncaknya, diisi oleh penampilan Danilla dan The Overtunes selaku bintang tamu.

Fardhan juga membahas mengenai tema yang diangkat oleh VIP yakni Unity in Diversity.  Tujuan dipilihnya tema ini adalah mempersatukan perbedaan di dalam UPNVY dengan harapan akan tercipta kerukunan dan keharmonisan.

Senada dengan Fardhan, Bagas Pramana selaku Ketua Bidang Veteran Festival juga menjelaskan mengenai tema spesifik dari Veteran Festival yakni Widhoyo Sandita. “Indonesia memiliki lima pulau besar. Nah, pada acara ini kami mengambil adat dari masing-masing pulau untuk disatukan,” jelas Bagas sambil menunjuk panggung yang didesain untuk merepresentasikan adat yang dimaksud.

Panggung Veteran Festival. (Yuslin Aprilia)

Bagas juga menyinggung mengenai protokol kesehatan yang diterapkan pada acara ini. Ia menjelaskan bahwa panitia senantia berdiskusi dengan Satgas Covid UPNVY terkait penerapan protokol kesehatan demi mendapat izin dari Satgas Covid Sleman.

“Kami menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat pada gerbang masuk. Kemudian untuk tempat duduk juga diberi jarak sejauh 1,5 meter. Pada surat pernyataan juga sudah tertera bahwa mahasiswa tidak boleh berdekatan dan harus selalu berada di tempat duduk masing-masing,” tambahnya.

Fardhan maupun Bagas berharap acara ini dapat terus berlanjut. Selain itu, bisa diselenggarakan lebih baik jika dibandingkan dengan tahun ini.

Dalam kegiatan ini, Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta, Mohamad Irhas Effendi turut menyampaikan apresiasinya terhadap BEM KM UPNVY yang telah melaksanakan kegiatan VIP ini. “Kegiatan ini tentu dapat membangkitkan semangat untuk terus mengembangkan potensi, kreatifitas, bakat, dan minat para mahasiswa. Keberhasilan mahasiswa sangat penting untuk mendukung keberhasilan institusi,” ujarnya ketika diwawancarai.

Salah satu penonton dari Jurusan Akuntansi, Berliana Raudhatu Nissa menyampaikan bahwa dirinya antusias dengan diadakannya Veteran Festival ini. Meski diguyur hujan, Berliana masih merasa terhibur atas penampilan dari para bintang tamu. Di akhir wawancara, Berliana menyarankan agar panitia bisa mempertimbangkan pelaksanaan kegiatan di tempat terbuka saat musim hujan. (Fayyaqun Nur Amanah, Yuslin Aprilia)

 

Editor: Delima Purnamasari


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.