Header Ads

Menjelajah UI Lebih Dalam Melalui BKUI 2021

Bedah Fakultas Teknik UI. (Sumber: tangkapan layar reporter)

BKUI atau Bedah Kampus Universitas Indonesia merupakan acara rutin yang diselenggarakan tiap tahun oleh mahasiswa Universitas Indonesia. Tahun ini, BKUI mengusung tema “Eksplorasi”. Acara ini bertujuan mengajak calon mahasiswa baru untuk menelusuri dan mengenal Universitas Indonesia lebih dalam. Peserta diberi kesempatan untuk menjelajah Universitas Indonesia, meskipun belum menjadi mahasiswa di sana. Mereka bisa melihat, mendengar, serta bertanya tentang hal-hal yang ingin mereka ketahui mengenai kampus yang identik dengan warna kuning ini. Setiap fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Indonesia akan hadir dan dibedah satu persatu, baik pada rumpun saintek maupun rumpun soshum.

Tahun ini, seluruh rangkaian BKUI dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. BKUI 21 diselenggarakan pada akhir pekan, selama dua minggu berturut-turut. Untuk rumpun saintek, BKUI dilaksanakan pada 4-5 Desember 2021. Sedangkan, rumpun soshum dilaksanakan pada minggu berikutnya, 11-12 Desember 2021. Acara dibagi menjadi dua room pada setiap tanggal pelaksanaan BKUI.

Agenda pertama BKUI 21 dimulai dengan sesi pembukaan dan bedah universitas. Rangkaian acara pada sesi bedah universitas dimulai dengan talkshow oleh Humas Universitas Indonesia. Materi yang disampaikan cukup komprehensif, mulai dari rincian program studi hingga tahap-tahap seleksi penerimaan.

Sesi Talkshow Bedah Kampus UI. (Sumber: tangkapan layar reporter)

Kemudian dilanjutkan dengan sesi berbagi pengalaman oleh mahasiswa berprestasi UI yang dari bidang saintek serta sosial humaniora. Mereka menceritakan perjuangannya selama mengenyam perkuliahan. “Masuknya gak gampang, kuliahnya gak gampang, keluarnya juga gak gampang,” ungkap Nurul Zamzami, mahasiswa beprestasi soshum UI 2021.

Sesi ini semakin menarik karena turut dihadiri oleh para alumni UI. Beberapa di antaranya cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, seperti Andovi da Lopez, Fathia Izzati, Ezra Mandira, Fauzan Al-Rasyid, dan beberapa nama lainnya. Para alumni ini memberikan motivasi dan pesan kepada calon mahasiswa baru.

“Menurutku mau di universitas mana pun, yang kebetulan aku alumni UI, lebih kepada orangnya, dan semangatnya, dan semangat belajarnya ingin menimba ilmu dalam pendidikan. Itu yang jauh lebih penting daripada universitasnya,” tutur Andovi.

Acara selanjutnya adalah bedah fakultas dan jurusan-jurusan yang ada di Universitas Indonesia. Para peserta diperlihatkan video presentasi yang menggambarkan masing-masing fakultas dan jurusan. Mereka juga diberi kesempatan untuk bertanya langsung kepada narasumber-narasumber yang merupakan mahasiswa UI. Kesempatan ini dimanfaatkan secara antusias oleh para peserta dengan memberikan pertanyaan seputar masing-masing jurusan di setiap sesinya. Terbukti dengan ratusan pertanyaan yang masuk ke kolom QnA.

Pelaksanaan hari pertama (04/12/2021) BKUI 21 pada rumpun saintek, berfokus pada FMIPA. Pada tanggal (05/12/2021), BKUI diisi dengan video tur keliling UI dan pemaparan dari beberapa fakultas dari rumpun kesehatan, yakni FK, FKG, FIK, FKM, Farmasi, dan fakultas lainnya, seperti Program Vokasi, FT, dan Fasilkom.

Pada pelaksanaan BKUI rumpun soshum (11/12/21), berfokus pada Fakultas Ilmu Budaya dengan ke-lima belas program studi di dalamnya. Hari kedua BKUI soshum (12/12/21) juga menampilkan video tur keliling UI, dilanjut dengan sesi bedah fakultas serta jurusan FH, FPsi, FISIP, FEB, FIA, dan Program Vokasi.

Dengan diadakannya BKUI 21, diharapkan para peserta bisa mendapatkan motivasi, informasi, serta pengetahuan mengenai jurusan yang mereka minati di Universitas Indonesia. (Anggun Falufi, Gofarna Sayagiri)


Editor : Syiva PBA


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.