Header Ads

Webinar #BerbagiRuang Ajak Generasi Z Peduli Kesehatan Jiwa

 

Poster Webinar #BerbagiRuang (Sumber: Instagram @BerikanUdara)

Yogyakarta, SIKAP – Rekah.id bersama Pusat Rehabilitasi Yakkum berkolaborasi mengadakan webinar #BerbagiRuang yang merupakan puncak dari rangkaian program kampanye #BerikanUDARA. Webinar tersebut mengusung tema “How to Face Quarter Life Crisis” dan dihadiri sekitar 230 peserta pada Sabtu (19/06) melalui platform Zoom.

Managing Director #BerikanUDARA, Skolastika Damara Putri Beda menjelaskan program kampanye #Berikan Udara yang memiliki tiga pesan. Ketiga pesan tersebut yaitu, “Berikan ruang; biar mereka Ungkapkan”,Berikan telinga; Dengarkan merekA”, danBerikan hati; RAngkul mereka”.

Tujuan dari kampanye tersebut adalah untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan jiwa. “Demikian kampanye ini dilakukan agar semakin banyak obrolan mengenai kesehatan jiwa dan agar banyak yang tidak merasa sendirian lagi terutama dalam menghadapi masa pandemi COVID-19,” jelas Skolastika.

Webinar tersebut diisi oleh Febrianda Ndaru Rosita selaku psikolog di Pusat Pelayanan Tes dan Konsultasi Psikologi (P2TKP) Universitas Sanata Dharma. Dalam materinya, Sita menjelaskan tentang arti penting Quarter Life Crisis, ciri-ciri Quarter Life Crisis, berbagai penyebab Quarter Life Crisis, pesan yang dibawa pada fase Quarter Life Crisis, dan cara menghadapi Quarter Life Crisis.

Quarter Life Crisis ini banyak sekali dialami oleh orang-orang usia 20 sampai 30 tahun-an. Quarter Life Crisis ini adalah suatu kondisi yang wajar dialami. Jadi, bukan gangguan karena merupakan masa peralihan dari remaja menuju dewasa”, tutur Sita saat memaparkan materi.

Sita menjelaskan, QLC tidak selalu bermakna negatif apabila kita dapat menyikapinya. Dapat dikatakan bahwa setiap perubahan yang terjadi akan menimbulkan kecemasan dalam diri kita dan menimbulkan QLC. Tetapi, adanya sebuah perubahan dapat menjadi patokan bahwa diri kita berkembang. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan ketika menghadapi QLC diantaranya yaitu mengetahui apa yang diinginkan, membuat perencanaan dan berkomitmen.

Sesi tanya jawab dengan narasumber di webinar #BerbagiRuang  (Sumber: Tangkapan Layar/Asha Prinanda)

Webinar tersebut disambut baik oleh para peserta. Banyak dari peserta yang berantusias untuk mengikuti sesi tanya jawab dan berbagi pengalamannya tentang Quarter Life Crisis. “Terima kasih Mbak Sita dan teman-teman rekah.id,” ungkap Aprillia Muharomah, salah satu peserta webinar.

Dengan adanya kegiatan ini, Skolastika menyampaikan harapannya agar peserta mendapat pemahaman dan informasi baru terkait Quarter Life Crisis. “Diharapkan pula dengan mengikuti webinar ini, para peserta mendapat motivasi atau refleksi baru dari sharing narasumber maupun sesama peserta. Sehingga, setelah mengikuti webinar, mereka dapat mengatasi keresahan dan kekhawatiran mereka serta siap dalam menghadapi quarter life crisis,” ujarnya. Webinar pun ditutup dengan sesi foto bersama yang dilakukan secara virtual. (Asha Prinanda Tamara Tansia)

Editor: Mohamad Rizky Fabian

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.