Header Ads

Impact Circle #StartYourStartup: Tumbuhkan Jiwa Startup di Kalangan Pemuda

Jalannya webinar Impact Circle #StartYourStartup pada Sabtu (10/07). (Sumber: Tangkapan layar/Syiva PBA)

AIESEC in UPN "Veteran" Yogyakarta kembali menggelar webinar Impact Circle yang bertajuk “#StartYourStartup”. Webinar yang diselenggarakan pada Sabtu (10/07) ini mengusung topik ‘Social Startup Is a Solution for Increasing Economic Growth’ atau bisa diartikan bahwa social startup merupakan solusi untuk meningkatan pertumbuhan ekonomi.

Adanya Impact Circle kali ini bertujuan sebagai platform bagi pemuda, media, komunitas, dan stakeholders untuk sama-sama membicarakan masalah/isu SDG (Sustainable Development Goals). SDG yang menjadi fokus utama pada webinar kali ini adalah SDG nomor 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (Decent Work and Economic Growth).

Dhea Ratriana Christi selaku Ketua Panitia webinar tersebut menjelaskan, pemilihan tema relevan dengan kondisi dunia saat ini yang sedang mengalami masa krisis akibat pandemi. “Hal tesebut membatasi ruang gerak kita sebagai manusia dan berdampak signifikan pada banyak sektor kehidupan, terutama di sktor ekonomi dan sosial. Faktor tersebut memicu perkembangan social startup, terlebih pada saat ini orang mulai beralih dari system konvensional ke system digital karena dianggap lebih murah, mudah, dan praktis. Selain itu startup memiliki kontribusi yang penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia,” tambahnya.

Acara ini dihadiri oleh setidaknya 87 peserta dari berbagai kalangan. Webinar ini juga menghadirkan 3 pembicara dari bidang startup Indonesia yang sudah memiliki karir dibidang tersebut. Narasumber yang dihadirkan adalah Anatasia Akmelia, Senior Business Associate of Ruangguru, Rezki Achyana yang merupakan Co-Founder dan CEO dari Parakerja, dan David Christian sebagai Founder dan CEO dari Evo & Co. Pihak panitia juga menghadirkan seorang moderator dari kalangan praktisi yaitu Aisyah M Fiandy yang merupakan seorang Founder dan CEO dari CLICK Apss Indonesia.

Webinar bertajuk #StartYourStartup ini berhasil menghadirkan topic yang menarik banyak perhatian di kalangan anak muda. Rayhan Fasya, seorang peserta webinar memberikan komentar terkait tema yang diangkat oleh AIESEC in UPN “Veteran” Yogyakarta.

“Yang bikin tertarik adalah kali ini AIESEC mengangkat tema social startup dimana usaha ini tidak hanya didesain untuk mencari keuntungan, tetapi juga memberikan dampak dan manfaat kepada masyarakat. Hal ini masih sangat jarang dibahas. Itu yang membuat saya tertarik.,” ungkapnya.

Berbeda dengan Rayhan, Angelia Sumawatiningsih merasa tertarik karena topic yang dibahas pada Impact Circle kali ini dapat membantunya untuk belajar soal startup lebih jauh dari para ahlinya. Ia mengaku banyak mendapat insight dan pengetahuan lebih dalam dari para pembicaranya.

Meskipun dalam acara ini terdapat sedikit kendala teknis dan disiapkan dalam kondisi PPKM yang mengharuskan panitia berkoordinasi secara daring, secara keseluruhan acara berjalan dengan baik. Antusiasme peserta dari awal hingga akhir juga dapat dirasakan selama acara berlangsung.

Selain menghadirkan pemateri yang berpengalaman di bidang social startup, webinar kali ini juga diisi dengan game dan sesi tanya jawab agar para peserta tidak merasa bosan. “Seru banget Impact Circle hari ini. Pembicaranya juga hebat-hebat. Semoga akan ada webinar-webinar dari Impact Circle lainnya yang memotivasi anak-anak muda di Indonesia,” ungkap Farah Diva salah seorang peserta. (Syiva PBA)

Editor: Mohamad Rizky Fabian

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.