Header Ads

Online Photo Exhibition, Cara Fotkom 401 Tetap Produktif Di Kala Pandemi




Foto-foto yang dipamerkan di Pameran Fotkom 401 yang bertajuk "Before The Quarant"  di platform Artsteps (Akses pameran: bit.lykarantina401)

Sleman, Sikap – Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Fotkom 401 menggelar online photo exhibition bertajuk Before The Quarant pada tanggal 13-15 Juni 2020. Pameran kali ini mengusung konsep 3D art gallery secara virtual yang dapat diakses melalui komputer pribadi (PC) ataupun telepon pintar di platform Artsteps.

Melalui pameran ini, Fotkom 401 mencoba untuk tetap berkegiatan dengan aman di tengah pandemi. Konsep The Old Normal kemudian dipilih untuk menggambarkan kegiatan yang biasa dilakukan sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Pameran kali ini membagi konsep foto menjadi 4 jenis yang dipisahkan oleh ruangan-ruangan yang berbeda. “Photo story yang biasanya terdiri dari banyak foto, kali ini tidak dapat kami gunakan semua dengan alasan untuk menghilangkan resiko loading terlalu lama di galeri. Maka kali ini kami hanya mengambil maksimal 3 foto,” ungkap Zhulla Febriansyah selaku ketua pelaksana.

Ruang-ruang selanjutnya digunakan khusus untuk foto-foto jenis fine art, snapshot, dan travelling. Ruangan terakhir sengaja dipilih untuk jenis foto travelling, yang dimaksudkan sebagai pengingat keterbatasan orang-orang saat ini untuk pergi ke berbagai tempat.

Salah satu pameris, Annisya Asri melalui karya berjudul Pandemi Covid-19 Menggagalkan Parade menampilkan 3 foto kegiatan parade yang biasanya digelar di sepanjang Jalan Malioboro. “Dengan adanya pandemi Covid-19, kegiatan-kegiatan seperti itu harus tertunda entah sampai kapan,” ujarnya. Melalui karyanya, Annisya turut menyampaikan harapannya ketika wabah selesai berbagai acara dapat digelar kembali seperti biasa.

Walau dengan segala keterbatasan yang ada, Annisya merasa mendapat pengalaman baru untuk pameran kali ini. “Keterbatasan bukanlah sebuah penghalang untuk tetap berkarya, bahwa pameran foto yang bagus tidak selalu harus dipajang di galeri,” ungkap mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2018 tersebut.

Sementara itu, Zhulla Febriansyah pun tak menampik jika awalnya mereka merasa was-was apabila antusiasme pengunjung yang kurang dan kesulitan dalam mengakses. Namun, hal itu dapat terpatahkan saat melihat jumlah pengunjung yang sampai dengan tanggal 14 Juni 2020 malam hampir mencapai angka seribu.

Konsep pameran virtual yang diusung Fotkom 401 juga menuai respons positif, seperti halnya yang diungkapkan oleh Betrica Putri. “Menurutku keren banget sih, Apalagi pengalaman merasakan pameran virtual baru kali pertama ini.”

Ia pun menambahkan saat kondisi sudah normal kembali jika memungkinkan ke depannya nanti, Fotkom 401 dapat mengadakan pameran dengan dua konsep sekaligus. Sehingga pengunjung tidak hanya datang dari kalangan mahasiswa saja, namun seluruh masyarakat di Indonesia bisa turut mengakses. (Hasna Fadhilah)

Editor: Rieka Yusuf

 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.