Header Ads

Aksi Aliansi Mahasiswa UPNVY #UniversitasPancenNdlogok

Aksi Aliansi Mahasiswa (Foto: Twitter)
Aksi Aliansi Mahasiswa (Foto: Twitter)

Sleman, SIKAP – Telah berlangsung aksi dari Aliansi Mahasiswa UPNVY pada Selasa, 23 Juni 2020. Aksi ini membawa enam isu terkait dampak pandemi covid-19 terhadap perkuliahan di kampus tersebut. Dua diantaranya adalah isu mengenai UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan biaya wisuda. Aksi tersebut merupakan tindak lanjut atau realisasi dari tagar #UniversitasPancenNdlogok yang sedang trending di twitter.

“Aksi tersebut diadakan sebagai bentuk tahap lanjutan akibat beberapa tuntutan mahasiswa yang selama ini tidak mendapatkan feedback yang baik dari pihak kampus,” ungkap Alvin Noor Fitrian selaku Kepala Bidang dan Kajian Strategis.

Lebih lanjut, Mahasiswa Fakultas Teknik Industri tersebut menerangkan bahwa keresahan yang dibawa sebagai mosi dalam aksi tersebut merupakan keresahan - keresahan yang dikumpulkan melalui hasil kuisioner. Kuisioner tersebut bertajuk Kepuasan Kuliah Online dari Humas UPNVY, audiensi advokasi dari setiap jurusan, dukungan - dukungan berbasis tagar online, dan beberapa sumber lainnya.

Intan, seorang Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, berpendapat bahwa tidak tahu banyak tentang tagar #UniversitasPancenNdlogok tersebut. Ia mengaku tidak begitu mengikuti perkembangan aksi tersebut dan hanya mengetahuinya dari informasi yang dibagikan di beberapa grup kelas. Sejauh itu bisa membawa perubahan yang lebih bagus, saya pikir aksi tersebut sah - sah saja, tentunya dengan jalur yang benar,” ujarnya.

Senada dengan apa yang dikatakan Intan, Andi juga menyetujui aksi tersebut selama dilakukan dalam jalur yang sesuai dengan standar protokol kesehatan dan ketentuan aturan yang ada. Menurut Mahasiswa Jurusan Manajemen tersebut, adanya aksi tersebut memang dilakukan untuk mewakili perasaan, keadaan, dan aspirasi mahasiswa selama masa pandemi ini

Menurut Admin Instagram UPNVY BINGUNG sebagai wadah publikasi dari aksi yang dilakukan Aliansi Mahasiswa UPNVY tersebut, pihak kampus akan mengundang BEM dan beberapa pihak terkait aksi ini untuk melakukan audiensi aspirasi secara terbuka pada Rabu mendatang. Audiensi ini merupakan hasil dari usaha mediasi yang telah dilakukan dari pihak BEM UPNVY selama ini. Selain persetujuan pengadaan audiensi dengan perwakilan mahasiswa, kampus sejauh ini belum mengambil beberapa tanggapan atau tindakan strategis lain terkait aksi mahasiswa tersebut.  (Redemptus Risky Syukur)


Editor: Ayu Fitmanda Wandira


1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.