Header Ads

Rencana dan Harapan Fairus untuk Komunikasi

Fairus Shafri (foto: Faya)

Setelah melewati rangkaian PPIKOM, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) memiliki ketua baru. Fairus Sahfri Nur Razaq, kandidat Calon Ketua Himpunan nomor urut dua ini terpilih menjadi Ketua Himpunan dengan perolehan suara sebanyak 159. Dirinya unggul 12 suara dari kandidat lawannya nomor urut satu, Ali Farhan Qutb. 

Fairus terpilih menjadi Ketua HIMAKOM periode 2018-2019 menggantikan Ketua HIMAKOM sebelumnya, Gladysia Ramadani. Fairus mencalonkan diri atas dasar keinginan pribadinya dan telah dipersiapkannya cukup lama dengan menjadi kader himpunan terlebih dahulu selama dua periode. Fairus juga membekali dirinya dengan menjalin hubungan baik dengan demisioner untuk belajar dari pengalaman para pelaku sejarah sebelumnya dalam menyelesaikan masalah yang ada. Selain itu ia telah berelasi dengan pihak himpunan mahasiswa komunikasi di kampus lain seperti UGM, UII, dan UMY. Hal ini dilakukan oleh Fairus untuk bekal ketika hendak mengurus HIMAKOM.

Setelah sertijab, langkah terdekat yang akan dilakukan oleh Fairus adalah menyusun Rancangan Kegiatan Anggaran Tahunan (RKAT) untuk satu periode ke depan. Selanjutnya ia juga berencana untuk mengadakan LDK bagi kepengurusan HIMAKOM. Mengenai hal ini Fairus belajar dari Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) yang mengadakan diksar dengan tujuan untuk membangun chemistry. Yang ketiga, mengadakan rapat koordinasi dengan ksm-ksm untuk membahas time table untuk meminimalisir adanya agenda yang bertabrakan seperti yang sudah-sudah.

Dalam memimpin himpunan selama satu periode ke depan Fairus akan tetap mempertahankan program-program yang sudah baik, akan tetapi hendak memberlakukan beberapa perubahan seperti memperbaiki fungsi himpunan yang seharusnya menjadi sentral bagi mahasiswa, birokrasi, jurusan, dan alumni. “Bener-bener harus bekerja ekstra untuk mengembalikan fungsi himpunan yang sebenarnya,” ungkapnya.

Selain memperbaiki fungsi himpunan, Fairus berencana membentuk divisi baru dalam dengan nama Kominfo. Divisi Kominfo ini akan menjalankan fungsinya sebagai pembuat konten dan mengelola media sosial yang ada pada himpunan. Nantinya divisi ini akan berelasi dan berkesinambungan dengan media-media kampus yang ada di Ilmu Komunikasi.

Fairus memiliki harapan agar semua elemen yang ada di Ilmu Komunikasi bersinergi untuk menjadikan Komunikasi yang lebih baik. “Di periode baru besok semua elemen komunikasi harus bersinergi dan bekerjasama dengan efektif dan komuniasinya lebih baik lagi,tutup Fairus. (Faya Lusaka Aulia)


Editor: Aqmarina Laili Asyrafi

Diberdayakan oleh Blogger.