Header Ads

Memupuk Semangat Berwirausaha melalui Market Day


Suasana Market Day di Sleman Creative Space (foto: dokumentasi)


Sleman, SIKAP - Kelas mata kuliah Kewirausahaan Program Studi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta mengadakan Market Day pada Jumat-Sabtu, 7-8 Desember 2018 lalu. Acara tersebut berlangsung di Sleman Creative Space. Market Day diselenggarakan sebagai Tugas Akhir mahasiswa yang mengambil mata kuliah itu.

“Setidaknya melalui acara Market Day mahasiswa bisa belajar merasakan bagaimana menciptakan dan mengelola suatu usaha,” ujar Yenny Sri Utami, salah satu dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan.

Antusiasme mahasiswa cukup tinggi dalam membuka berbagai stan. Ada 41 stand yang meramaikan Market Day tahun ini. "Buktinya banyak sekali stand yang memberikan keunikan tersendiri dalam berjualan, mereka terlihat seolah benar - benar sudah siap terjun ke dunia wirausaha yang nyata," tutur Afrilia Sekar, salah satu panitia Market Day. 

Antusias tersebut tentu senada dengan hal baru yang didapatkan oleh mahasiswa sebagai peserta Market Day ini. "Kalo saya pribadi jelas mendapatkan pengalaman berjualan yang sebelumnya belum pernah saya lakukan. Dengan pengalaman ini, saya berharap dapat memiliki jiwa wirausaha sehingga kedepannya bisa menunjang karir wirausaha saya." ungkap Muhammad Irfan Hermawan, salah satu mahasiswa yang berpartisipasi dalam Market Day

Di sisi lain, Irfan juga mengatakan bahwa ada faktor yang sebenarnya cukup mengganggu yakni kurangnya komunikasi antara dosen dan mahasiswa sehingga beberapa kali sempat terjadi kesalahpahaman informasi. Kekurangan lainnya disampaikan oleh Dini Arie Ramadhani, peserta lain dari Market Day. Menurutnya, tempat berjualan perlu lebih dipersiapkan lagi mengingat jumlah mahasiswa yang berjualan lumayan banyak. Apalagi listrikya sempat padam. 

Kendati masih banyak kekurangan terkait teknis dan waktu, Market Day tahun ini dirasa sudah berlangsung cukup baik. "Ibu sangat berharap usaha mahasiswa jangan berhenti di acara Market Day saja. Kalian semua Insya Allah bisa menjadi enterpreneur sukses. Sudah banyak wirausahawan muda sukses mengelola usaha dan berbisnis yang terinspirasi serta termotivasi dari Mata Kuliah Kewirausahaan. Selagi masih muda, saatnya mahasiswa belajar merintis usaha," tutup Yenny. (Ayu Fitmanda Wandira)

Editor: Aqmarina Laili Asyrafi

Diberdayakan oleh Blogger.