Header Ads

Open Recruitment ala 'FOTKOM Asik'



Suasana open recruitment FOTKOM 401 di Sport Hall UPN "Veteran" Yogyakarta (foto: Rieka)

Sleman, SIKAP - Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) FOTKOM 401 menggelar open recruitment pada 21-23 November 2018. Open recruitment diselenggarakan di Sport Hall Kampus II UPN “Veteran” Yogyakarta. Dalam pelaksanaannya, FOTKOM 401 menargetkan sekitar 40 hingga 60 pendaftar dari Mahasiswa Baru Ilmu Komunikasi Angkatan 2018.

Kevin Sambowo Nugroho selaku Ketua Diksar FOTKOM 401 juga mengatakan bahwa pendaftaran terbuka untuk mahasiswa sementer lain.  "Meski  menargetkan para maba, tidak menuntut kemungkinan kami juga masih menerima teman-teman dari semester lain yang ingin bergabung dengan Fotkom,” ungkap Kevin.

Selain terdapat stand pendaftaran, FOTKOM 401  menyediakan beberapa photo exhibition serta photo booth yang didesain sedemikian rupa. Dengan mengangkat tema besar ‘FOTKOM Asik’, Kevin membaginya menjadi tiga sub-tema yang mewakili ketiga hari open recruitment, yaitu olahraga, masak-masak, dan traveling. “Ketiga sub-tema tersebut dipilih karena menggambarkan kegiatan para anggota Fotkom yang bukan hanya sekedar foto-foto saja,” ujar pria berusia 18 tahun tersebut. Berbeda dengan open recruitment tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan di Lobi FISIP, FOTKOM 401 merasa diuntungkan dengan lahan yang lebih luas di Sport Hall untuk berkreasi dalam mengeksplorasi tema.

Mahasiswa yang mendaftar diarahkan untuk mengisi nama dan sosial media. Mereka diberikan formulir singkat serta stiker dan dihubungi  panitia untuk wawancara. Nantinya, para pendaftar akan mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) hingga awal Februari untuk menjadi Anggota Muda. Pada hari pertama dibukanya pendaftaran, setidaknya ada 24 mahasiswa yang telah mendaftar, salah satunya adalah Sinta Dias Nuranisa. Mahasiswi angkatan 2018 tersebut mendaftar karena ketertarikannya terhadap traveling dan dunia fotografi. “Dari keluarga memang suka jalan-jalan dan fotografi, ditambah lagi punya kamera tapi belum bisa menggunakannya secara maksimal,” tambah Sinta.

Meski open recruitment tahun ini selaras dengan dibukanya Program Studi Hubungan Masyarakat, namun KSM hanya membuka pendaftaran dari Prodi Ilmu Komunikasi saja. Untuk menjadi anggota, Fotkom tidak memberikan persyaratan khusus sebagai kriteria, dan tidak harus memiliki kamera. “Tidak harus sudah bisa fotografi, karena di FOTKOM 401 akan diajarkan dari nol,” ujar Kevin. Bagi anggota yang tidak memiliki kamera, FOTKOM 401 bahkan memfasilitasi dengan meminjamkannya. “Persyaratan terpentingnya adalah tertawa lepas, karena di Fotkom juga, kalian (pendaftar) bisa mendapat banyak pengalaman yang gak akan didapatkan di KSM lain,” tambahnya. (Rieka Yusuf)

Editor: Marcelina Mia Amelia

Diberdayakan oleh Blogger.