Header Ads

Edukasi Kesehatan Gigi & Mulut Melalui Dedication

Anak-anak mengikuti sikat gigi massal di pinggir Kali Code, Minggu (29/04). (Dok. panitia Dedication)

Yogyakarta, SIKAP - Pepatah mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Terlebih mengenai kesehatan gigi dan mulut yang perlu dirawat sejak dini. Masa anak-anak merupakan saat yang tepat untuk belajar mengenai masalah kesehatan. Dilatarbelakangi hal tersebut, mahasiswa Public Relations UPN "Veteran" Yogyakarta menggelar acara Dedication (Dental Care for Delight Communication). 

Rangkaian pada acara Dedication ini dikemas semenarik mungkin. Selain penyuluhan dan sikat gigi massal, adanya games dan hiburan dari badut mampu menarik perhatian anak-anak. Kegiatan yang bekerjasama dengan P3S (Paguyuban Pengajar Pinggir Sungai Code) ini mampu menghimpun sekitar 70 anak di sekitar Kali Code. 

“Kegiatan edukasi dan sikat gigi massal ini baru pertama kali diadakan selama kami mengajar di sekitar Kali Code. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi adik–adik di sini." ujar Galih Yudi Setiawan selaku Kepala Sekolah P3S. 

Acara yang diadakan pada Minggu (29/4) ini disambut antusias oleh warga sekitar, terutama anak-anak yang menjadi target peserta. "Seru banget, jadi tahu gimana cara menyikat gigi yang benar, cara bersihin lidah, dan cara berkumur juga," ungkap Aulia Safiatun Najah, siswa kelas 4 SD Sinduadi 1. 

Respon positif juga diungkapkan peserta lain. "Kita juga dapat banyak hadiah dari games yang diadain kakak-kakaknya. Senang ada kegiatan yang seperti ini, bisa belajar sekaligus bermain," ujar Chika, salah satu anak lain yang hadir pada kegiatan tersebut. 

Sesi penyuluhan kesehatan gigi diisi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada. "Dari pihak BEM KM FKG UGM setuju untuk bekerjasama karena melihat acara ini positif. Setidaknya bisa menumbuhkan kesadaran sejak dini pada anak-anak tentang kesehatan gigi dan mulut, karena kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh lainnya," jelas Abdurrahman Nazhif, salah satu pengisi sesi sosialisasi pada kegiatan Dedication. 

Pihak panitia berharap melalui acara ini, kesehatan gigi dan mulut dapat dirasakan oleh semua orang. "Tujuan dasarnya agar kesehatan gigi dan mulut jangan hanya dirasakan oleh orang-orang tertentu saja. Jangan sampai orang-orang di pinggiran kota tidak bisa mengetahui, merawat, serta merasakan kesehatan gigi dan mulut," tutur Amanda Aulia Rachman selaku ketua panitia. 

Ia berharap agar anak - anak di sekitar Kali Code bisa merawat gigi dan mulut sehingga timbul rasa percaya diri ketika berkomunikasi dan bersosialisasi. “Alasan lainnya juga ingin memperkenalkan Ilmu Komunikasi. Setidaknya anak-anak pernah mendengar kata Ilmu Komunikasi, sehingga siapa tahu ke depannya tumbuh keinginan untuk tertarik mempelajari ilmu ini," tutup mahasiswa angkatan 2015 tersebut. (Ayu Fitmanda Wandira) 

Editor: Lajeng Padmaratri
Diberdayakan oleh Blogger.